My [ Our ] Future | CREAMENO

Pages

My [ Our ] Future


Gue itu sering banget diledek sama soulmate gue dengan sebutan 'gukppong', yang artinya orang dengan rasa cinta terlalu tinggi pada negaranya 😂 mungkin orang-orang sekeliling gue sampai hapal karena gue memang segitu cintanya sama Indonesia, dan segitu percayanya kalau suatu hari nanti, negara kita Indonesia akan maju pesat dan mungkin bisa satu level dengan negara maju lainnya 😍

Meski gue kadang (sama seperti teman-teman lainnya) mengkritik beberapa program pemerintah, atau merasa ini dan itu kurang lalu membandingkan negara gue dengan negara lain di luar sana ~ tapi bukan berarti gue nggak cinta Indonesia 😬 karena pada akhirnya, gue tetap membahas hal-hal yang gue suka dari Indonesia lebih sering daripada nggak sukanya. Yaaa, 80 : 20 ~ lah, that's why gue dipanggil 'gukppong' sama orang-orang terdekat 🤣

Kalau teman-teman pernah baca berita soal prediksi Indonesia emas 20 tahun mendatang, jujur gue adalah salah satu orang yang percaya kalau 20 tahun ke depan, Indonesia akan betul-betul bisa menjadi EMAS dan menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di kancah internasional 😬 dan gue pun penasaran, kira-kira, pada saat itu, siapa yang akan memegang peranan penting di Indonesia?

Karena 20 tahun mendatang, orang-orang seumuran kita (wahai teman-teman blogger yang gue rasa kita semua seumuran) yang akan ada di garda depan membawa nama baik Indonesia ke mata dunia 😂✌ dan kemungkinan besar, para politikus yang saat ini ada di parlemen dan di pemerintahan, sudah pensiun semua berganti dengan penerus bangsa berikutnya which is generasi kita 😄

Read: Happy Birthday

Berhubung sekarang semua serba digital, informasi dan sosial media juga banyak bertebaran di mana-mana, kita jadi lebih mudah melihat potensi anak-anak muda yang sepertinya akan punya peran besar 😁 gue kadang kalau lagi lihat-lihat sosial media, dan menemukan ada banyak anak berbakat, jadi membayangkan, "Apa mungkin dia one day akan jadi presiden Indonesia berikutnya?" 😂

Kita nggak akan pernah tau memang, bisa jadi Belva yang sekarang menjabat sebagai staff khusus presiden yang akan menjadi presiden berikutnya 😆 atau Nadiem Makarim? Dan mungkin juga orang yang nggak dibayangkan setiap insan seperti Awkarin dan Jerome Polin 😁 seriously nobody knows, tapi satu yang pasti, mereka semua, adalah orang-orang yang punya power besar sehingga ada kesempatan untuk mereka memegang peranan penting di Indonesia.

Gue pun bersyukur karena banyak generasi muda Indonesia mulai masuk politik dan belajar perpolitikan dari bawah, dengan harapan bisa membangun Indonesia. Karena frankly speaking, di beberapa negara, politik masih diisi oleh orang-orang yang sudah hampir pensiun, dan belum terlihat bibit unggul dari generasi berikutnya yang memiliki interest besar pada perpolitikan negara mereka.

Bahkan salah satu foreigner partner gue pernah bilang, di negara dia mostly anak mudanya sudah skeptis duluan dengan politik yang ada, dan dia pun belum melihat tanda-tanda regenerasi politik di sana. Makanya dia kaget waktu tau staff presiden kita usianya masih 20 tahunan, dan beberapa menteri kita juga usianya terbilang muda. Buat dia, masa depan Indonesia sangat cemerlang. While, dia kawatir nggak ada generasi muda yang mau jadi presiden di negaranya.

In the end, gue cuma bisa berharap dan berdoa, semoga siapapun yang akan memegang peranan penting di Indonesia, betul-betul bisa amanah, dan membawa Indonesia pada kemajuan pesat yang berkesinambungan dan semoga bisa mengentaskan kemiskinan serta membuat hidup rakyat semakin seimbang 😍 entah kenapa, gue yakin kalau generasi kita as penerus bangsa, bisa membawa Indonesia ke era keemasan. Karena kita, INDONESIA.

38 comments:

  1. Amiin.. Semoga aja generasi muda yg ada bisa membawa perubahan ke arah Indonesia yg lebih baik lagi kedepannya... Tumben sy ngomong rada serius yaak 😂 . Iyaah sy jg smpt takjub ama bbrpa anak muda yg sekarang udh jadi mentri... Ga kebayang ajaa mereka terpilih.. Itu udh pasti tetlihat dr kemampuan dn prestasinya.... Sapa tau nti mba Eno bisa kepilih jadi mentri luar negri atau mentri urusan peranan wanita.. Ato mentri pariwisata krna hobinya yg keliling dunia... Siapa tau pan... Semua ga menutup kemungkinan... Ayooo bangun Indonesia... Ingat jg sumpah pemuda... Kalian psti bisa 💪💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaa, apa yang akan terjadi di masa depan adalah buah dari keputusan-keputusan kita sekarang 😬 saya berharap besar dengan generasi kita termasuk ke diri saya sendiri agar kelak bisa memberi sedikit banyak perubahan pada negara kita Indonesia 😁

      Ini juga tumben saya tulis beginian, biasanya nggak pernah bahas yang menyerempet ke arah ini ahahaha 🤣 cuma berhubung sering diledek gukppong saja alhasil tulisan ini tercetus ~ mungkin image terlalu cinta Indonesia betul-betul menempel pada saya di mata orang-orang sekeliling saya 😂

      Saya yakin kok mba kualitas anak muda generasi sekarang sangat sangat mumpuni. Meski banyak diledek sebagai kaum instan, kaum rebahan, dan kaum-kaum lainnya, tapi tetap punya point-point positif 😄✌ tinggal dicari bibit bibit terbaik dari semua yang baik ~

      Nobody knows memang mba, mana tau mba Heni jadi salah satu orang yang memegang peranan penting di Indonesia juga kelak 😍 nggak harus jadi presiden, sebagai pencetak bibit unggul pada diri anak-anak mba Heni pun kelak juga berperan besar pada kemajuan Indonesia. Semangat terus mba, dari kita, untuk kita dan oleh kita 😁🙌

      Delete

  2. Betul sekali kita memang harus bangga dan cinta tanah air sendiri. Ibarat sebuah lagu meski banyak negri yang mashur dan subur dikata orang, Tetapi percayalah negri kitapun mungkin akan bisa seperti mereka.

    Terlebih jika kita selalu tetap optimis pasti akan ada jalan untuk menuju era gerbang kemajuan, Meski semuanya harus kita perjuangkan secara gigih serta ikhlas.

    Karena setiap negri atau negara punya kelebihan serta kekurangan yang berbeda-beda, Tinggal bagaimana merubahnya menjadi lebih maju sehingga bisa menjadi panutan atau contoh negara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya percaya negeri kita bisa satu level dengan negara maju lainnya, dari segi perekonomian, perpolitikan, SDA dan SDM yang unggul, Indonesia akan membuka mata dunia 😁

      Kita, hanya perlu berusaha sebaik-baiknya as individu pada apapun bidang yang kita kerjakan dan lakukan sekarang ~ karena semua berawal dari diri kita sendiri tentunya 😆 Sebelum kita merubah Indonesia, yuk rubah hal-hal negatif pada diri kita 😍🙌

      Saya pun masih belajar banyak karena ada banyak hal negatif pada diri saya, hehehehe. Tapi melihat Indonesia bergerak ke arah positif, menginfluence saya untuk berubah ke arah positif juga 💕 semangat untuk kita!

      Delete
  3. Aha, saya suka banget dengan postingan ini. Iyaaaa, saya pun sama pernah berpikiran yang sama tentang hal ini. Saya pernah baca kalau ga salah anak muda Rusia banyak yang belajar Bahasa Indonesia karena mereka melihat ada peluang di Indonesia.

    Dan mereka yang punya power di medsos emang bener bisa membawa followernya ke arah yang lebih baik. Suka gemes lihat anak muda sukses di YouTube.

    Semoga ya Mba Indonesia bisa benar2 maju minimal perilaku warganya berubah ke arah yang lebih baik. Aamiin. Cinta Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan cuma Russia mba, banyak anak muda negara lain yang juga berbondong-bondong belajar bahasa Indonesia hehehe. Even banyak anak muda Korea juga berusaha cari peluang di Indonesia karena Indonesia ini negara yang besar, kesempatan pun banyak, market yang luar biasa pula jumlahnya 😁 tinggal dikelola dengan baik, dan baik pemerintah maupun masyarakatnya mau saling bersinergi, maka bukan nggak mungkin, Indonesia akan maju suatu hari nanti 😍

      Iya, saya berharap dan terus berdoa, untuk siapapun mereka yang memiliki power besar di negara ini, semoga bisa membawa efek positif pada orang-orang yang memang mengikuti mereka sedari dini ~ 💕

      AMIIIIIN mba, kita harus optimis yaa. Mulai dari diri kita dulu untuk selalu upgrade diri kita ke arah yang lebih baik dan selalu berperilaku sesuai aturan. Plus apabila melakukan kesalahan, maka berusaha untuk memperbaikinya 😁 semogaaa one day, Indonesia maju itu bukan lagi angan-angan ~

      Delete
  4. Setuju sekali mbak, suatu saat Indonesia pasti menjadi negara maju. Kalo aku lihat prediksi dari analisis ternama, Indonesia akan mulai diperhitungkan di kancah internasional mulai tahun 2040.

    Saat itu Indonesia akan masuk negara 10 besar ekonomi dunia. Dengan ekonomi maju maka infrastruktur dan juga bidang lainnya akan maju juga. Saat 2040 Indonesia akan masuk golden age karena usia muda yang bekerja lebih banyak, sementara Jepang dan China lebih banyak penduduknya yang berusia di atas 60 tahun karena mereka sedikit anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas memang dikisaran 2035 - 2045 prediksinya, dan itu adalah hal yang mungkin 😁 tapi kita juga harus paham, kalau itu artinya, kita pun berperan terhadap hasil akhir. Apakah gagal atau berhasil (?) hehehe.

      Semoga pelan-pelan, dengan terus berbenah, baik dari segi pemerintah dan kita as masyarakatnya, Indonesia bisa betul-betul maju pesat 😍 beruntung kita punya banyak anak muda usia produktif, dan saya percaya, dari sekian puluh juta anak-anak muda generasi berikutnya, pasti ada yang sanggup membawa Indonesia ke era keemasan 😬 mari berusaha berikan yang terbaik dari sekarang hehehe ~

      Delete
    2. Betul, tanpa peran serta masyarakat maka Indonesia tidak akan maju biarpun pemerintah berusaha.

      Aku bayangkan enak kali ya kalo Indonesia jadi negara maju kayak Amerika Serikat, kalo ada masalah di negara orang maka tidak akan dipersulit.

      Aku pernah baca, kalo misalnya orang Indonesia ada masalah di Mesir, misalnya mencuri maka akan disiksa dulu di tahanan baru dilimpahkan ke pengadilan, padahal putusan pengadilan bisa saja ternyata tidak terbukti ia mencuri. Apalagi kalo terbukti mencuri, habis deh dipenjara.

      Tapi kalo warga Amerika, maka akan ditahan dulu menunggu putusan pengadilan. Kalau pun terbukti mencuri, ia tidak akan jadi bulan-bulanan sipir penjara yang terkenal kejam. Paling ditahan doang, karena kalo sampai ada warga Amerika yang diperlakukan tidak manusiawi, bisa diputuskan bantuan keuangan nya.

      Delete
    3. Yeps, that's why saya percaya, semua harus dimulai dari diri kita masing-masing dulu 😬

      Itu sebenarnya hukum alam mas, semakin maju kita (atau sebuah negara), semakin punya power, kuasa, uang dan sebagainya, semakin mudah hidup kita. Mungkin kita akan menghadapi masalah (ya nggak akan ada orang hidup tanpa masalah), tapi skala dan jenis masalahnya pun akan berbeda ~ setidaknya, untuk beberapa urusan, power yang kita punya dapat mempermudah jalan hidup kita (maupun sebuah negara) 😁

      Seperti yang pernah saya tulis di tulisan lama saya, yang kaya itu bukan cuma soal punya banyak uang, tapi yang terkaya itu adalah yang punya banyak pilihan. Seperti yang mas sebut di atas, mungkin mereka nggak berani memperlakukan hal buruk ke US karena US punya pilihan untuk mengantisipasi hal buruk tersebut 😊

      Saya tetap optimis Indonesia pun punya banyak pilihan meski power dan kuasanya belum sebesar US, dan mungkin juga kejadian seperti yang terjadi di Mesir hanya sedikit kisah ketidakadilan yang mana pastinya negara kita juga nggak akan tinggal diam dalam menyikapinya. Semangat untuk kita ya mas, semoga Indonesia bisa menjadi sesuai apa yang kita harapkan 😁🙌

      Delete
  5. Duh ini bener banget, generasi kita ini penerus bangsa lho, makanya aku nggak kaget yang duduk di bangku pemerintahan bareng Jokowi di periode ini banyak diangkat dari generasi milennials, meskipun banyak juga yang skeptis karena dianggap "terlalu muda terlalu santai". Aku sendiri, sih, bersyukur banget generasi muda bisa punya kesempatan untuk membangun Indonesia lebih baik lagi, di saat mungkin negara lain belum punya kesempatan yang sama. Pokoknya selalu yang terbaik deh buat negara kita, ya. Dan semoga kita pun bisa berkontribusi kecil-kecilan sebagai rakyat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, saya justru salut (atas dasar opini pribadi saya) karena presiden percaya pada generasi kita untuk memiliki peranan penting demi kemajuan negara 😁 meski itu nggak mudah, dan banyak yang menyangsikan, tapi dengan sebuah kepercayaan pada generasi kita jugalah, kemungkinan negara kita bisa maju ke depannya itu cukup besar. Karena otomatis, generasi kita pelan namun pasti mulai terdidik untuk meneruskan tampuk kepemimpinan agar kelak bisa membawa negara kita ke arah yang lebih signifikan 😍

      Karena bagi sebagian negara lain (mungkin), ketidakadaan regenerasi akan menjadi ketakutan tersendiri. Kebayang nggak sih kalau yang partner saya bilang itu benar, semisal di sebuah negara, nggak ada satupun generasi yang mau jadi penerusnya? Karena sudah nggak percaya pada perpolitikan yang ada. Lantas siapa yang kelak akan mengelola negara dia? 😬

      AMIIIIN mba, semoga kita meski hanya rakyat jelata, bisa tetap memberikan kontribusi kecil dan positif untuk keberlangsungan Indonesia. Rumah kita 😍💕

      Delete
  6. Mbak pelum jauh doong, harapan kita sama. Doa2 kita sama. Semoga untuk Indonesia segala sesuatunya makin maju, orang2 yg memiliki kekuasaan semoga amanah. Aamiin
    Ku juga kaget sih wktu pertama tahu stafsus presiden masih muda2 belia umuran 20n. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMIIIIN mbaaa semoga yaa, saya yakin kok pelan namun pasti bisa belajar lebih amanah lagi dengan posisi yang dimiliki. Memang mentalnya harus dibentuk terlebih dahulu, tapi saya tetap yakin, selalu ada yang ingin betul-betul tulus memajukan Indonesia 😬 kita harus percaya dan mendukung serta mengkritik dan memberi solusi apabila memang diperlukan 😄

      Harus aktif intinya 😆🙌

      Delete
  7. Sama juga sih kak terkadang masih aja ngebandingin kondisi negara sendiri dengan negara maju terutama dalam pengelolaan sampah, masih ketinggalan jauh, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita masih perlu banyak belajar, tapi negara kita setidaknya meski belum bisa mengelola sampah dengan baik, minimal nggak membuang sampah plastik ke negara lain 😬

      Beberapa negara maju, mereka memang bagus dalam pengelolaan sampah plastik dan lain sebagainya. Tapi sayangnya ternyata mereka membuang sampah yang telah mereka kelola (pisah pisah materialnya) tersebut ke negara berkembang termasuk ke negara kita dan beberapa negara tetangga lainnya 😅

      Delete
  8. 2040 Indonesia diprediksi akan menjadi macan asia yang mungkin saja menggeser Tiongkok. Tapi, sehebat2nya negara bisa saja hancur seketika, seperti Tiongkok dengan virus corona itu membuat kepercayaan negara lain terhadap Tiongkok menurun. Di Indonesia, masalah kemiskinan, kesenjangan ekonomi, utang negara, dan korupsi harus menjadi prioritas untuk diselesaikan kalau ingin menjadi negara yang disegani dunia. Kunjungan perdana ke blog yang menarik ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sehebat-hebatnya negara dan manusia di dalamnya, akan selalu ada kemungkinan untuk dihancurkan maupun hancur dalam waktu cepat. Tinggal bagaimana cara mengantisipasinya dan seberapa kuat negara serta manusia-manusia di dalamnya untuk bertahan 😬 katanya bersatu kita teguh, hehehe. Jadi semoga saja kita bisa terus bersatu dan nggak tercerai berai dengan alasan apapun 🙌

      Delete
  9. saya juga optimis dengan keadaan Indonesia 20 mendatang pasti bisa diperhitungkan mbak, malah sejak pemilhan menteri di kabinet Indonesia Maju seolah-olah bikin tren baru dengan memasukkan orang-orang yang memang berkompeten untuk membangun negara ini.

    saya suka dengan Nadiem dan Eric Tohir, mereka bikin terobosan yang amat menarik.

    kalau level teratas nunjukin sesuatu yang bagus, otomatis yang dibawah2 juga bakalan ikutan

    kita pasti bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, besar harapan saya, orang-orang yang memegang peranan penting tersebut bisa terus menggunakan ilmu yang dimilikinya untuk membangun Indonesia 😍🙌

      Saya pun memiliki kepercayaan besar pada beliau beliau yang memang sudah makan asam garam, sehingga bukan hal yang mustahil kalau negara kita bisa sukses ke depannya 😬✌ yang penting kitanya juga nggak tinggal diam, dan terus berusaha memperbaiki hidup kita 😄

      SEMANGAT!!

      Delete
  10. Aamiin.. semoga terealisasi Indonesia menjadi emas 20 tahun mendatang. Meskipun saya mungkin ga bisa melihat, setidaknya si kribo akan mengalaminya dan menjadi bagian darinya.

    Itu yang terpenting

    Semoga harapannya terkabul ya Mbakyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMIIIIIN mas Anton ~

      Saya yakin mas Anton bisa melihatnya, dan si kribo pun bisa menikmati serta berpartisipasi di dalamnya. Until then, sehat selalu ya mas 😄

      Delete
  11. Wuidih...saya menyebutnya blogger nasionalis, meski telah melanglang buana ke seantero dunia. Buat saya yang di desa, harapan dalam catatan ini rasanya sangat tulus dan ikhlas. Semoga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, saya hanya menyuarakan perasaan saya dan kepercayaan saya pada negara tercinta mas 😄 semoga saja terkabul, dan semoga kita bisa turut serta menjadi bagian di dalamnya 😍🙌

      Delete
  12. Tugas kita mempersiapkan generasi emas untuk Indonesia yang lebih maju ke depan ya Mbak #mendadak jadi pengen belajar PPKN lagi nih dakuw, biar ga pernah luntur semangat berbangsa dan bernegaranya...biarpun dimulai dari individu dulu, yang terpenting jika semua ada kesadaraan dan saling bahu membahu dalam proses pembangunan tanpa ada saling nyinyir meskipun berbeda pilihan politik, niscaya Indonesia akan mampu sejajar denngan negara2 asia tenggara lainnya yang mulai berpikiran maju

    Oke, aku suka banget nih, postingan yang optimis plus bernada positif, sebab sudah bosan rasaku banyak dijejali pemberitaan di media massa yang banyak mengulas sisi pesimismenya saja tanpa diimbangi solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, tugas kita sebagai generasi emas untuk mulai perlahan-lahan merubah diri kita sendiri ke arah yang lebih baik lagi 😬 mulai dari kita dulu intinyaaaah 😆✌

      Kalau masing-masing individu maju, maka secara nggak langsung negara pun akan ikut maju mba ~ karena kualitas SDMnya unggul 😍🙌 semangat untuk kita mba.

      PASTI BISA!!

      Delete
  13. Awkariinnn, hahahahaha.
    Who knows ya?
    Manalah dulu kita tahu kalau Indonesia bakal dipimpin 2 periode oleh anak negeri yang dulunya bahkan nggak pernah kita dengar sepak terjangnya meng Indonesia kayak pak Jokowi ya :D

    Btw 20 tahun mendatang? kalaupun masih diberi umur, semoga saya masih bisa sehat dan fit, eh siapa tahu justru anak-anak saya juga bisa berkontribusi dalam dunia kepemimpinan di negeri ini kan?

    Siapapun itu, semoga nanti benar-benar membawa periode emas buat bangsa ini, bisa berjaya di mata dunia, rakyat sejahtera, pemimpin adil dan amanah, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes Awkarin mba, salah satu tokoh fenomenal generasi milenials kita 😬 memang nggak akan pernah ada yang tau masa depan seseorang. Bahkan yang dulunya pengusaha furniture bisa jadi bapak presiden Indonesia 😄👍

      Amiiiin mba, saya doakan kita semua sehat agar bisa melihat perubahan Indonesia perlahan namun pasti ke arah yang lebih baik lagi ke depannya. Bisa jadi juga, anak-anak mba Rey kelak adalah salah satu yang memegang peranan penting di Indonesia. Again, nobody knows 😍

      SEMANGAT!!

      Delete
    2. Memang kalo dipikir pak Jokowi itu seperti menerabas batas tradisi presiden di negeri ini.

      Contohnya adalah presiden Soekarno sudah terkenal sebelum kemerdekaan RI, sehingga wajar jadi presiden.

      Presiden Soeharto juga memiliki karir militer yang bagus sehingga wajar jadi presiden.

      Habibie juga terkenal jenius sehingga bisa jadi presiden.

      Abdurrahman Wahid (Gus Dur) adalah anak dari pendiri Nahdlatul ulama, organisasi Islam terbesar di Indonesia sehingga wajar jadi presiden.

      Megawati Soekarnoputri, anak dari presiden Soekarno, otomatis juga banyak pendukungnya, bisa jadi presiden

      Susilo Bambang Yudhoyono, menantu dari Sarwo Edhie, seorang jenderal TNI, punya karir militer yang bagus hingga jadi presiden.

      Lha, kok pak Jokowi yang bukan dari militer ataupun keturunan ulama terkenal bisa jadi presiden.

      Nah, menurutku dengan Jokowi menjadi presiden maka orang biasa, tak punya karir militer ataupun keturunan darah biru, asal punya kemampuan maka bisa memimpin negara ini.

      Tapi memang, akan banyak ujian yang menanti kalo bukan dari kalangan oligarki, contohnya ya pak Jokowi yang sering dituduh anak PKI.

      Maju Indonesiaku.

      Delete
    3. Setuju mas, mungkin dengan dibukanya jalan, ke depannya, pemegang peranan penting di Indonesia mungkin bisa dipegang oleh siapa saja yang memang memiliki kualitas dan intregritas 😬

      Semoga siapapun itu, bisa mengemban tugas dengan baik ya mas, kita sebagai rakyat jelata pun semoga bisa terus memberikan yang terbaik 😆🙌

      Delete
    4. Aamiin :)

      Nah setuju banget tuh, kalau dulu, hanya dari kalangan tertentu yang bisa jadi president, minimal yang punya power gitu ya :D

      Delete
    5. Senangnya, sekarang siapapun punya kesempatan untuk memegang peranan penting di Indonesia ya mba 😍🙌

      Delete
  14. saya cinta banget Indonesia tapi saya kurang optimis kalau Indonesia dalam 20 tahun ke depan bakal jadi negara maju T_T.. maafkan rasa pesimis sayaaa anak mudaaa..

    Tapi kalau harapan tentu saya pun berharap demikian.. Siapa tahu queen kesayanganq si dedek karin nanti yang bakal memajukan Indonesiaa ahaha..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa-apa mas Bara kalau masih pesimis, itu wajar kok yang terpenting tetap harus berusaha melakukan yang terbaik untuk diri sendiri ya mas 😍🙌

      Mari berharap hal-hal positif untuk negara, hehehe. Kalaupun queen Karin yang memegang peranan penting ke depannya, selama itu bagus dan memang memberikan efek positif, why not ya kan 😁

      Delete
  15. To be honest with you, Mbak, dulu aku merupakan salah satu yang skeptis dengan "politik" aku berpikir kalau politik itu hanya dikuasai oleh salah satu penguasa sehingga yang lain itu hanya mengikuti skrip yang mereka bikin.

    Akan tetapi, semakin kesini meski kadang masih ada sih yang dalam hati aku kurang suka akan tetapi tidak mengurangi rasa optimisku. Bahkan aku berpikir ingin juga memberikan sedikit sumbangsih buat negara ini walau mungkin tidak besar.

    Jujur, lho..aku meng-unfollow hampir semua teman-teman yang setiap saat berkata pesimis tentang negeri ini. Intinya, mereka ini nanti yang akan merasakan neraka yang mereka ciptakan sendiri karena itu terus yang mereka pikirkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua memang ada masanya, saat kita belum tau apa-apa, lalu mulai kenal, dan sekarang belajar untuk paham. It's okay kok mba kalau dulu pernah skeptis, karena saya juga pernah 😁 dan saya rasa banyak orang merasakan hal yang sama ~

      Namun, tinggal bagaimana ke depannya. Mau terus skeptis tanpa perubahan, atau belajar untuk lebih paham kalau sebuah bangsa bisa maju salah satunya karena peranan kita sebagai masyarakatnya 😍

      Semangat untuk kita ya mba, apapun itu selagi positif, secara nggak langsung, kita sudah memberikan sedikit sumbangsih untuk ibu pertiwi 💕 mulai dari kita dulu, demi INDONESIA 😍

      Delete
  16. Aku golput nih kemarin pas pilpres hahahah saking hopeless nya sama 'perang' para pendukung capres di pilpres kemarin. Tapi melihat staff kepresidenan yg muda2 itu aku salut deh. Bahkan aku ngasih motivasi ke anak2 buat liat mereka ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, saya juga salut dengan staff-staff dan menteri muda era sekarang. Jadi motivasi untuk anak muda, agar bisa terus berkarya dan berkembang demi negara 😁

      Semoga anak-anak mba dan generasi penerus lainnya, bisa mengambil contoh positif yang ada 💕

      Delete