Another Surprised! | CREAMENO

Pages

Another Surprised!




Beberapa waktu lalu saat gue sedang dalam perjalanan dari bandara Kingsford (Sidney, Australia) ke Meriton Suite tempat gue menginap, saat itu gue menggunakan commercial shuttle seharga AUD 7 (IDR 70.000) yang menurut gue sangat murah daripada naik transportasi lainnya. Nah, waktu gue sampai di halte tempat si bus berada, gue bertemu dengan 2 orang drivers sedang berbincang-bincang 😁 yang satu si A berkulit putih bermata sipit dan yang satu lagi si B berkulit hitam dengan rambut gimbal. Gue pikir mereka orang lokal ~

Read: Blogger Stats

Mereka berbincang pakai bahasa Inggris, lalu gue pun menyapa, "Hi, excuse me." sambil menyodorkan selembar invoice bukti booking-an gue ke si A, dan si A bertanya, "Are you Indonesian?" 😱 gue yang kaget langsung balik tanya, "Yes, how can you know?" -- dalam hati gue bertanya-tanya, "Bagaimana caranya lau bisa tau? Kan disitu nggak ada info negara gue darimanah, cuma ada nama gue, masa iya lau bisa tau gue Indonesian dari nama gue doang?!" -- kemudian mereka berdua pun tertawa, "Karena kami berdua Indonesian."

WHAAAATSSSS --@#$%$^%& 😳😳

Woaaah tanpa sadar hati gue meleleh HAHAHAHA. I mean, Indonesia itu kaya bangets, dari mulai suku, budaya, dan lain sebagainya. Gue si kulit cokelat dengan mata besar, A si kulit putih dengan mata sipit, dan B si kulit hitam dengan rambut gimbal, yang terlihat berbeda satu sama lain tapi kita semua INDONESIAN 😍 dari pertemuan gue dengan mereka, gue kembali diingatkan akan betapa pentingnya persatuan di-atas perbedaan yang ada. Karena pada akhirnya kita itu saudara, Bhinneka Tunggal Ika, and proud to be an Indonesian 🥳🎉
Some (a bit long) time ago, when I was on my way from Kingsford airport (Sydney, Australia) to Meriton Suite where I was staying, at that time I used a commercial shuttle for AUD 7 which I thought was very cheap compared to others. And, when I arrived at the bus stop, I met 2 drivers who were chatting 😁 one was A with slanted-eyed - yellow skin and the other was B with black skin - dreadlocks hair.

Read: Blogger Stats

They were talked in English, when I said, "Excuse me." while handing an invoice of my booking to A, and A asked, "Are you Indonesian?" 😱 I was shocked and immediately asked, "Yes, how can you know?" - deep inside my heart, I did wonder, "How do they know? There isn't any info about which country I come from, because there was only my name, how can he know I am an Indonesian from my name?!" - then they both laughed, "Because we are both Indonesian."

WHAAAATSSSS -- @#$%$^%& 😳😳

Wow, I melted. I mean, Indonesia is very rich with ethnicity, culture, and so on. Me with brown skin and big eyes, A with yellow skin and slanted eyes, and B with black skin and dreadlocks hair, who look sooo different from each other but we are all INDONESIAN 😍 from the moment I meet them, I got reminded again about the importance of unity. Because in the end we are family, Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity), and I'm proud to be an Indonesian 🥳🎉

24 comments:

  1. Ahahahaha, seneng ya Mba kalau ketemu orang Indonesia di negeri orang. Apalagi kalau saling menyapa dengan ramah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, saya sering ketemu Indonesian di negeri orang, tapi pengalaman ketemu dua mas-mas dengan perbedaan yang lumayan seperti kemarin itu juaranggg kejadian 😁 saya kira mas A dan mas B orang Australia, karena kan di Australia ada juga yang mirip Chinese dan African. Makanya saya kaget waktu mas-mas tersebut bilang kalau mereka Indonesian 😍💕

      Delete
  2. Iya, juga, ya. Indonesia beragam baget. Dari Sabang sampai Merauke komunitas budaya di Indonesia punya perawakan yang beda. Dan kalau ngomong logatnya juga beda-beda meskipun komunikasinya pakai bahasa Indonesia. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangettts mas, suku, budaya, bahasa, sangat banyak ragamnya 😍 tapi yang membuat senang dan bangga, karena kita semua meski terlihat berbeda tapi satu kesatuan as Indonesian 😆💕

      Delete
  3. Suku kita, bahasa, adat dan budaya beragam bangeet mbak.. Walopun berbeda tetapi satu jua.. Bhineka Tunggal Ika, inget pelajaran sekolah.. Kalo pas diluar ketemu sesama orang kita berasa jadi saudara deket yaa 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, semoga kita bisa saling menjaga satu sama lainnya yaaa mba karena kita satu bangsa 😍 iya, senang kalau ketemu sama yang senegara ~ meski hanya bertegur sapa 😁

      Delete
  4. Alhamdulillah ternyata ketemu sama orang sendiri di negara orang, rasanya pasti sangat senang ya mbak.

    Dulu waktu pertama merantau ke Jakarta, ibu saya selalu cerita, kalo orang Jawa ketemu orang Jawa di Jakarta itu laksana saudara. Dia selalu makan di warteg ibu saya, ibu saya juga ngga perhitungan kalo dia pinjam duit juga dikasih, namanya juga sudah dianggap saudara. Soal nya dulu orang Jawa masih sedikit yang merantau. Mangan ora mangan ngumpul begitu pepatahnya.

    Bukan cuma itu, kalo lebaran habis mudik, kadang aku waktu kecil juga pernah diajak ke gunung Slamet di lerengnya, ke rumahnya itu lho, pulangnya nanti dibawain oleh oleh banyak sampai bapak dan ibu ngga enak sendiri gitu, padahal niatnya cuma silaturahmi saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang dan kaget mas 😂 karena saya mengira mas-mas tersebut orang lokal Australia, nggak sangka mereka orang Indonesia 😁 jadi saya senang dan kaget dibuatnya ~

      Iya ibu saya juga bilang kalau orang Jawa ketemu orang Jawa jadi serasa keluarga, apalagi kalau masih satu daerah hehehehe. Pasti berasa saudara dekatttt 😆 terus kadang kalau mudik ke rumah simbah, nanti ibu akan mampir juga ke rumah keluarga si tetangga tersebut sekedar untuk antar oleh-oleh atau titipan semisal si tetangga nggak bisa mudik ke rumah orang tuanya 😁

      Budaya kekeluargaan kita memang masih kental, ya 😍

      Delete
    2. Iya mbak, tapi sekarang sepertinya sudah beda soalnya ada arus urbanisasi sehingga orang Jawa banyak merantau ke Jakarta, yang ada malah persaingan usaha.😂

      Eh tapi tidak semua sih, masih ada beberapa orang jawa yang masih baik dan seperti saudara sendiri, dia kalo makan selalu di warung ibu saya terus, kadang kalo ibu saya ngga dagang karena sakit, dia ngga makan di warung dekat ibu saya, tapi di tempat yang jauh, mungkin tidak enak sama ibu.😃

      Delete
    3. Betuuul, sekarang ramai sekali orang Jawa di Jakarta, hihihi ~ tapi nggak apa-apa, pasti ada rejekinya masing-masing kan mas 😍 termasuk rejeki ibu mas yang selalu baik pada semua orang 😁

      Senang kalau orang yang serasa saudara sering berkunjung untuk makan, dengan kata lain membantu usaha ibu mas 😆 semoga usaha ibu mas lancar terus, banyak pelanggannya 🙌

      Delete
  5. Salam kenal mba, aku baru main kesini. Surprisingly aku suka banget sama blognya. Keren banget sampai gunain 3 bahasa. Maaf yah OOT. Hehe, tapi soal kenalannya dengan teman Indonesia, selamat mba. Pasti serasa nemu harta karun karena yang seperti itu bisa jarang banget ditemuin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Holla,

      Salam kenal mba. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya dan menyukainya 😍 hehehe. Iya mba, kalau suddenly ketemu memang serasa kaget dan senang 😆

      Nanti saya berkunjung balik ke blog mba, ya 😁

      Delete
  6. Dulu saat kuliah kami bertiga (aku dari Bandung, etnis Jawa kulit sawo matang, temen 1 dari Jakarta, etnis Tionghoa, kulit putih dan sipit, temen 2 dari Papua, etnis Papua, tinggi besar dan hitam) berada di subway di Moskow ada orang setempat tanya pakai bahasa inggris, kita bertiga jawab dari Indonesia, dia ga percaya, dia ngeyel kalau aku dari Vietnam, temen 1 dari China dan temen 2 dari Afrika. Setelah kami jelaskan kalau Indonesia itu beragam dari kultur,budaya, suku sampai bahasa, bahkan saat kami jelaskan bahwa Indonesia memiliki 14 ribu+ pulau, dia langsung tergakum2, haha..

    Rasanya bangga banget bisa bikin bangsa lain kagum akan kekayaan negara kita :D and yes, proud to be an Indonesian ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, saya bisa bayangkan mas, bagaimana kagetnya orang setempat waktu mas jelaskan 🤣 pasti mereka nggak sangka bangetttt kan 😍

      Memang negara kita ini untuk urusan kekayaan suku, budaya, bahasa, cukup menarik dan membuat orang lain terkejut dibuatnya 😆💕

      Delete
  7. Hahaha seneng banget ya kalau ketemu sama orang Indonesia pas lagi di luar negeri gitu.

    Seminggu di Eropa gak denger orang ngomong bahasa Indonesia, tiba-tiba di hari ke-7 kedengeran ada yang ngomong, "Eh, potoin gw dong.", mata langsung jelalatan nyari sumber suara & kerumunan.

    Rasanya seneng gitu kalau ada sama ama kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sering begitu juga mas 🤣

      Kalau disuatu negara mendadak dengar suara orang Indonesia, pasti langsung dicari arah suaranya 😆

      Happy saja kalau ketemu saudara 💕

      Delete
  8. hahaha.. ternyata sama-sama orang Indonesia ya meski jenis kulit berbeda. Indonesia memang sangat beragam mba, berbeda-beda tapi tetap satu.. hehe..

    Seneng ya mba kalo bertemu orang sesama Indonesia di negeri orang, serasa punya temen. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangggg bangets mbaaaa 😍
      Jadi bisa tanya-tanya hahahaha.

      Delete
  9. qiqiqiqiqiqiq, sayapun jadi ngakak!
    Karena di awal cerita, saya juga sempat terbawa suasana kalau si sipit adalah Chinnese dan si gimbal adalah african, padahal kan di Indonesia, ada semua yang model gituan, yang sipit asli Indonesia bahkan banyak, yang kayak African? banyak tuh di Indonesia bagian timur bahkan sekarang udah menyebar ke manapun seluruh Indonesia.

    Bener juga ya, kebayang banget, kalau ketiga jenis berbeda perawakan gitu ketemu di negara orang, tiba-tiba semacam ketemu saudara, mengingatkan banget kalau seharusnya bahkan di dalam negeri kita pun, bhineka tunggal ika itu wajib kita amalkan dengan baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mba, saya juga awalnya betul-betul nggak tau mereka Indonesian. Mereka bicara pakai bahasa Inggrisnya sudah seperti orang lokal. Heran juga kenapa dua-duanya bicara pakai Inggris kalau both of them Indonesian 🤣

      Semoga kita terus menjaga prinsip kebersamaan di atas segala perbedaan yang ada di negara kita ya mba, dan saling menghormati satu sama lainnya 😍

      Delete
  10. Tapi kadang2 emang bisa gampang dikenali sih orang Indonesia atau yang ada keturunan Indonesia, juga kadang aku bisa bedain antara china, korea, jepang, #biasanya gegara kebanyakan nonton drama korea, jepang atau taiwan, jadi kadang kayak uda sedikit menandai tipikal wajahnya kayak apa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sampai sekarang bahkan masih sering salah bedakan orang-orang Asia Timur, dan orang-orang Asean karena mirip semua menurut saya 😆 mungkin kalau pas-pasan sama orang Malaysia atau Vietnam di Eropa pun bisa saya kira orang Indonesia dari wajahnya 😁

      Saya memang agak payah bedakan, makanya waktu lihat mas A dan B itu saya nggak sangka mereka orang Indonesia mungkin karena mereka bicara pakai bahasa Inggris cas cis cus macam orang lokal 🤣

      Delete
  11. Saat kita berkunjung ke suatu negara, trus ketemu sama sesama orang Indonesia emang senengnya luar biasa ya?

    Kemarin, pas sedang di Maldives. Aku dan partner jalan santai usai meeting sama client. Jalan dan jalan sampai di terminal Ferry dan bikin aku nyeletuk, yaelah.....hanya segini Maldives ternyata, huahahahahah.

    Nah, pas asik ngerumpi sambil tengok sana n sini nyari taksi, eh tiba-tiba ada gadis cantik, rambut panjang nyamperin "Mbak, dari Indonesia ya?" girang banget dia, bisa dilihat dari binar matanya :D

    Eh, ternayta sama-sama dari Bali-nya. Eh dia happy banget. Lalu, kutanya kamu kemana, ternyata tujuan sama, yaudah aku ajak barengan saja satu taksi. Awalnya dia mau naik fery ga jadi, hehehe.

    Aku sedikit susah membedakan wajah orang mana n mana kalau ga denger mereka bicara apalagi kalau mereka udah bicara bahasa Inggris :D.

    Cuman, aku sedikit bisa bedakan logat misal dia inggrisnya ga cas cis cus gitu. Kaya bule-bule gitu, aku bisa nebak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh seru banget mbaa hahaha, sampai naik taxi bareng karena tujuannya sama. Apalagi ternyata dari Bali juga 😍 teman baru mba itu sendirian di Maldives? Daebak 😆

      Memang paling menyenangkan ketemu saudara di negeri orang, hehe meski hanya sekedar bertukar sapa dan senyuman. Entah kenapa bahagia rasanya 😁

      Kalau Asian English saya masih bisa bedakan, contoh Singapore English, Korean English, Japan English, atau Philippines English 😬 nah yang susah kalau sudah Aussie, UK atau US cas cis cus bingung deh saya 🤣 dan si mas A sama mas B itu logatnya sudah mirip Aussie English, that's why saya kaget kalau mereka Indonesian 😂

      Delete