Congklak | CREAMENO

Pages

Congklak


Dari sekian banyak permainan tradisional yang gue mainkan, bisa dibilang permainan congklak ini merupakan salah satu permainan yang paling gue suka 😍 kenapa? Karena gue hampir selalu menang kalau main congklak bersama pasangan πŸ˜‚ gue memang begitu gaes orangnya, akan suka apabila rajin menang πŸ€ͺ coba kalau diajak main catur atau permainan lainnya yang susah, pasti gue langsung malas karena gue nggak suka melihat diri gue sendiri kalah πŸ˜‘πŸ€£

By the way, congklak ini pada masanya (saat gue kecil dulu) pernah jadi primadona 😁 seenggaknya untuk gue dan teman-teman jaman sekolah, karena kita punya semacam strategi masing-masing untuk mengumpulkan biji dalam jumlah terbanyak 🀣 gue bahkan hapal urutan mana saja yang harus gue ambil saat menjadi player pertama. Pokoknya, kalau gue berhasil jadi player pertama maka kemungkinan gue untuk menang langsung naik jadi 60 persenan πŸ€ͺ

Lucunya, pasangan gue bertambah kompetitif saat main congklak karena keseringan kalah dan berusaha untuk menang πŸ˜‚ dia bahkan bermain dengan cara menghitung jumlah biji kerangnya sebelum disebar, dasar anaknya curang memang! πŸ€ͺ tapi untungnya sampai saat ini, score kemenangan gue masih jauh di atas dia dua kali lipat, jadi posisi gue masih aman dan belum terkalahkan 😝

  Eniho, teman-teman ada yang suka main congklak?   
From so many Indonesian traditional games that I have played, I think congklak game is one of the games that I like the most 😍✌ why? Because I (almost) always win when playing congklak with my man πŸ˜‚ I am that kind of person, who likes a game if I keep being a winner πŸ€ͺ but I would be too lazy to play chess or other difficult games, because I don't like seeing myself lose πŸ˜‘πŸ€£ Hahahaha...

By the way, this congklak game in the past (when I was a kid) was once a prima donna 😍 at least for me and my friends at school, because we each had a kind of strategy to collect the highest number of seeds πŸ˜‚ I even memorized which order I have to take when I became the first player. Because, if I'm a first player then my chances of winning will immediately increase to 60 percent πŸ€ͺ

The funny thing is, my man really competitive when playing congklak because he often lose πŸ˜‚ he even sneakely counting the number of bean before spread it! πŸ€ͺ but fortunately until now, my victory score is still far above him, so my position is still safe and unbeatable 😝

  Anyway, do you guys wanna try to play congklak?  
μ œκ°€ ν•΄λ³Έ μΈλ„λ„€μ‹œμ•„ 전톡놀이 μ€‘μ—μ„œ μ œκ°€ κ°€μž₯ μ’‹μ•„ν•˜λŠ” κ²Œμž„ 쀑 ν•˜λ‚˜λŠ” congklakμ—μš” 😍✌ μ™œλƒ? μ œκ°€ λ‚¨μžμΉœκ΅¬μ™€μ˜ congklakκ²Œμž„μ—μ„œ (거의) 항상 μ΄κΈ°κ±°λ“ μš” πŸ˜‚ μ €λŠ” κ²Œμž„μ—μ„œ 이기면 κ²Œμž„μ„ μ’‹μ•„ν•˜κ²Œ λ˜λŠ” νƒ€μž…μ΄μ—μš” πŸ€ͺ μ²΄μŠ€λ‚˜ μ–΄λ €μš΄κ²Œμž„μ€ μ œκ°€ μ§€λŠ”λͺ¨μŠ΅μ΄ 보기 μ‹«μ–΄μ„œ ν•˜κΈ° μ‹œλŸ¬μš” πŸ˜‘πŸ€£ Hahahaha...

congklak은 μ˜›λ‚ μ—(μ œκ°€ 어렸을 λ•Œ) μ–΄λ§ˆμ–΄λ§ˆν•˜κ²Œ 유λͺ…ν–ˆμ—ˆμ–΄μš” 😍 적어도 제 μΉœκ΅¬λ“€κ³Ό μ €μ—κ²ŒλŠ” 씨앗을 λ§Žμ΄κ°€μ Έκ°€λŠ” μ „λž΅μ΄ μžˆμ—ˆκ±°λ“ μš” πŸ˜‚ 심지어 첫번재 ν”Œλ ˆμ΄μ–΄μΌλ•Œ μ–΄λ–»κ²Œν•΄μ•Όλ μ§€ μˆœμ„œκΉŒμ§€ κΈ°μ–΅ν•˜κ³  μžˆμ—ˆμ–΄μš”. μ œκ°€ 첫번째 ν”Œλ ˆμ΄μ–΄λ©΄ 60νΌμ„ΌνŠΈλ‘œ μ΄κΈ°λŠ” 방법이 μžˆμ—ˆκ±°λ“ μš” πŸ€ͺ

μž¬λ°ŒλŠ” 점은 제 λ‚¨μžμΉœκ΅¬κ°€ congklak을 ν•  λ•Œ 자주 지기 λ•Œλ¬Έμ— 정말 경쟁이 μΉ˜μ—΄ν•˜λ‹€λŠ” μ μ΄μ—μš” πŸ˜‚ 콩을 κ°€μ Έκ°€κΈ° 전에 λͺ°λž˜ 계산할 μ •λ„μ—μš”! πŸ€ͺ ν•˜μ§€λ§Œ μš΄μ’‹κ²Œ μ•„μ§κΉŒμ§€ 제 승리 μ μˆ˜κ°€ 훨씬 λ†’μ•„μ„œ 아직 제 μœ„μΉ˜λŠ” κ΅³κ±΄ν•΄μš” 😝

μ—¬ν•˜νŠΌ, μ—¬λŸ¬λΆ„μ€ congklak 해보고 μ‹ΆμœΌμ„Έμš”?

14 comments:

  1. Kalo dulu waktu kecil sih memang suka main congklak mbak Eno, tapi sejak bujangan ngga pernah.

    Tapi kalo istri kadang masih suka main sama anak saya, daripada beli congklak tapi ngga dimainkan mubasir kan, apalagi anak saya kalo lihat mainan maunya Beli saja.

    Jadi dari pada jadi pengisi gudang, mendingan cari batu kecil lalu main congklak, anak saya senang karena ada mainan baru, iya dia cuma beli aja tapi ngga tahu cara mainnya karena memang anak anak lain disini juga ngga tahu.

    Selain congklak, permainan lain yang aku suka yaitu main Padan. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong mas, kalau sudah dibeli yaaa harus dimainkan 😁 nanti semisal anak mas keseringan main hape, mungkin bisa diajak main permainan yang sudah mas / mba beli untuk anak mas. Pasti dia senang diajak main papanya 😍

      Hehehe, saya wajar kalau anak-anak sekarang nggak tau Congklak, karena keponakan saya yang kecil-kecil pun nggak tau dan nggak pernah lihat katanya πŸ˜‚

      By the way, Padan itu apa? πŸ˜†

      Delete
  2. Waktu kecil pas libur panjang ke rumah nenek, sering juga sih main congklak bareng sepupu-sepupu. Seru banget. Kalau dipikir-pikir sekarang, congklak ini ngajarin anak kecil buat nimbun kapital ya, Mbak? Hehehe...

    Tapi kalau permainan, saya lebih senang main engklek. Tiap-tiap kotak di engklek itu kayak medan petualangan baru yang mesti dilewati. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha sepertinya iya mas πŸ˜‚

      Mengajarkan kita apabila ingin jadi pemenang, berarti harus punya kekayaan sebanyak-banyaknya 🀣 padahal belum tentu juga bisa betulan menang 😁

      Saya pun suka sekali main Engklek, dan waktu itu sempat coba Engklek versi Korea yang ternyata beda total peletakan kotaknya dari Engklek Indonesia πŸ˜† by the way, Engklek Indonesia itu ternyata susah dimainkan saat sudah tua, nggak kebayang betapa lenturnya saya dulu karena bisa lompat pakai satu kaki saja πŸ˜‚

      Delete
  3. Wuih lucu gemes kayak drama korea, jadi mb eno dan your man masih main congklak kah ? Hahah asli keren

    Klo aku, congklak sih ga pake alat, tapi dari kapur aja, lingkar lingkarin buat ngisi batu batu kecilnya. Dan aku mainnya uda dari duluuuuuu banget. Sekarang kayaknya ga pernah, soale depan rumah ga ada batu, uda paving semua huhu, klo pas masih kecil kan halaman rumah itu pasir dan batu2 juga masih ada rumputnya. Mainnya juga masih tradisional juga. Misalnya congklak atau satu lagi namanya sudamanda, tapi yang ingkling pake kaki terus lempar batu di kotakan kotakan yang digaris di atas tanah itu mb eno

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih main mba kalau lagi senggang 🀣 soalnya seru, apalagi kalau menang terus-terusan 😁 hehehe.

      Jaman dulu saya juga pernah pakai batu mba, waktu kecil, saat main ke rumah teman yang nggak punya Congklak tapi ingin main Congklak biasanya kami akan buat Congklak pakai batu kerikil di depan rumah 😍 seru ya, kalau diingat-ingat πŸ˜†

      Sudamanda kalau di tempat saya disebut Engklek mba 😁 yang kotaknya sampai 8+1 bentuk setengah bundar πŸ˜‚

      Delete
  4. Dulu waktu kecil, sering bgt main congklak mba, apalagi sodari2 saya banyak, jadi di rumah ada dua congklak, kk saya yg selalu jd partner maen, karena kami udah pada hapal strateginya, jadi yang seru itu pas suit2nya ituh, pokoknya harus menang. Kalo gak, seterusnya dijamin bakal tetep kalah πŸ˜‚. Saking serunya, dulu pernah juga ikutan lomba congklak sekota palembang, udah nyampe semi final, eh gak bisa ikut lomba lagi besoknya, karena gak ada yg mau nganter (lombanya diadakan di museum), temen2 gagal semua. Gak enak kesana lagi sendirian, jd yah sudahlah.. (padahal hadiah2nya saat itu, wuiih banyak) ada sepeda, tv dll, keren bgt untuk seukuran anak kelas 5 SD seperti saya saat itu. πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul mba, memang yang penting itu suit-suitannya karena jadi penentu kita player pertama atau bukan πŸ˜‚ kalau sudah jadi player pertama, kemungkinan menang langsung besar 🀣

      Waaaaah seru banget sampai ada lombanyaaa 😍 sayang banget nggak sampai menang huhu. Padahal lumayan kalau bisa jadi juara ya, mba 😁 mana hadiahnya bagus-bagus ternyata πŸ˜‚

      Delete
  5. hahahaha, sekilas bacanya congkak :D

    Jadi ingat waktu kecil sering main ini, dan selalu menang karena sama, saya hafal bagian mana dulu yang kudu dimainkan biar menang qiqiqiqi.

    Lawan yang tangguh itu kakak saya, dia seolah bisa baca jalan pikiran saya, dan selalu bisa mengacak strategi saya.

    Padahal ya dulu kami mainnya bukan pakai alatnya gini, cuman batu biasa terus berbekalkan kapur tulis kami gambar ubin lalu main hahahaha.

    Btw baca ini jadi ingat, saya janji mau beliin si kakak congklak, saya sering cerita permainan masa kecil saya da dia kepo dong.

    Anak sekarang mah kalaupun tahu mainan tradisional, tapi via digital, padahal kan beda ya rasanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kota mba Rey, namanya Congklak juga kah? 😍

      Iya mba, saya pun mengalaminya, kalau lawan main saya sama jagonya pasti sukses mengacak strategi yang saya punya πŸ˜‚ makanya saya senang main sama dia, karena dia nggak jago-jago amat, jadi kesempatan saya menang jauh lebih besar 🀣

      Pasti si kakak senang bisa main Congklak sama maminya, apalagi kalau si adik nanti sudah mahir juga, mungkin si kakak akan sering main sama adik dan jadi punya strategi jitu untuk menang πŸ˜†

      Delete
  6. hahaha ada-ada aja sampe ngehitung jumlah bijinya, kayaknya aku dulu gitu (udah lupa soalnya haha)

    main ginian aja udah "berkelas" jaman dulu, maklum nggak ada hape

    di sekolah mainnya ini, ehh dirumah sampe dibeliin kayak gini, waktu aku gede sempet ada sisa sisa mainan aku waktu kecil yang disimpen sama ibuku, kalo ingett huuu ternyata dulu kalau minta minta ada yang diturutin, ortu pengen anaknya seneng *aku nulis ini jadi berkaca-kaca* hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, jaman dulu belum ada hape, mainan seperti ini sangat berharga. Ada mainan lain juga seperti ular tangga, monopoli (aduh saya hobi sekali main monopoli), bekel dan karet gelang 🀣

      Kalau diingat-ingat, orang tua memang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya ya mba, cuma kadang kita sebagai anak suka lupa πŸ˜…

      Delete
  7. Di tempatku lebih dikenal dengan sebutan dakon. Dulu main dakon yang terbuat dari plastik.

    Jadi pemain yang jalan kedua itu sungguh menjengkelkan. Apalagi kalau yg main duluan sudah hafal urutan alur jalannya. Pasti bakal nungguin lama.

    Pas kecil dulu sering mainan seperti ini. Mulai dari ludo, monopoli, halma, hingga permainan yang membutuhkan aktivitas tubuh.

    Salam congklak mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di beberapa kota disebutnya Dakon πŸ˜†

      Memang mas, makanya buat saya jadi player pertama itu important karena memegang kesempatan penuh untuk menang 🀣 jadi main dakon alias congklak ini bergantung dari apakah kita menang suit atau nggak πŸ˜‚

      Sama, saya pun suka sekali main boardgame sampai sekarang 😁

      Delete