Talk About Fruits | CREAMENO

Pages

Talk About Fruits


Dari sekian banyak buah-buahan yang ada di dunia, gue paling suka sama buah Jeruk 😁 well, Mangga suka juga sih, tapi kalau mangga ada musimnya sedangkan Jeruk mostly setiap saat ada πŸ˜‚✌ nah, permasalahannya adalah, Jeruk di Korea itu asam asam manis, nggak 100% manis seperti Jeruk-Jeruk yang biasa gue makan kalau lagi di Indonesia πŸ€ͺ alhasil gue nggak pernah bisa sekali makan banyak, karena untuk makan satu Jeruk saja butuh waktu cukup lama πŸ˜†

Terus selain Jeruk dan Mangga, gue juga suka Semangka 😍 apalagi kalau Semangkanya dingin, beuh bisa habis setengah tanpa sadar ahahahaha. Gue juga suka pisang, cuma kalau pisang, biasanya gue buat smoothies dengan yogurt, madu dan susu low fat 😁 rasanya enaaaaaak ~ ehehe. Selain buah-buah di atas, gue juga suka buah Melon dan Markisa. Tapi sayang, sekarang sudah agak susah mencari buah Markisa di Indonesia (apalagi di Korea, mana adaaaa 🀣)
From so many fruits in the world, I like orange the most 😁 well, I like mango too, but mango has a season while orange mostly available every time I wanna eat πŸ˜‚ but the problem is, oranges in Korea are a bit sour, not 100% sweet like Oranges that I usually eat when I'm in Indonesia πŸ€ͺ As a result, I cannot eat oranges a lot when in Korea, because to eat just one Orange takes quite time πŸ˜†

Meanwhile in addition to Orange and Mango, I also like Watermelon 😍 especially if the Watermelon is cold, I can eat almost half without stop ahahahahahahaha. I like banana too, and usually I make Banana smoothies with yogurt, honey and low fat milk 😁 and it tastes soooo gewd ~ ehehe. Besides the fruits above, I have space for Melon and Passion fruit in my heart. But unfortunately, now kinda difficult to find passion fruit in Indonesia (let alone in Korea, obsoooo! 🀣)


Eniho, semenjak sering stay di Korea, gue jadi sadar kalau Indonesia itu surganya buah-buahan karena harga buah di Indonesia super duper murah 😍 seenggaknya itu yang gue rasakan setiap kali mau membeli buah di E-mart Korea ehehehe. Gue pribadi belum pernah beli buah di pasar Korea jadi nggak bisa membandingkan harganya, tapi kalau mau membandingkan harga buah di E-mart dan Carefour pun masih jauh lebih murah Carefour ke mana-mana. Jadi kebayang kan, betapa murahnya harga buah di pasar Indonesia πŸ˜†

That's why, setiap kali pulang ke Indonesia, gue akan makan buah sampai puas πŸ˜‚ mumpung murah dan rasanya kebanyakan manis semuaaa ~ dan bisa makan buah yang mana gampang didapat di Indonesia itu juga kebahagiaan tersendiri untuk gue 😍 siapa sangka buah Mangga yang bisa dengan mudah didapat di Indonesia menjadi buah yang sangat berharga dalam hidup gue sekarang 😬

Kalau teman-teman, paling suka buah apa? πŸ˜†πŸ’•
Anyhow, since I often stay in Korea, I realize that Indonesia is a fruit paradise because the price is really cheap 😍 at least that's what I feel every time I want to buy fruit at E-Mart Korea. I personally have never bought fruit in Korean traditional market so I can't compare the prices, but if I have to compare the price of fruit at E-mart and Carefour, it's still much cheaper in Carefour Indonesia. So can you imagine? How cheap the price of fruit in Indonesian market πŸ˜†

That's why, every time I go back to Indonesia, I will eat fruit endlessly (everydayyy) πŸ˜‚ while I have a chance, and the price kinda cheap plus taste also sweet ~ and being able to eat fruit which is easily obtained in Indonesia is also its own happiness for me 😍 Who would have thought that Mango which we can get it easily in Indonesia became a valuable fruit in my life now (cuz it's hard to buy Mango in Korea) 😬

So how about you guys, what fruit do you like? πŸ˜†πŸ’•

44 comments:

  1. Saya suka semangka mbak, emang enak kalo dingin, selama puasa ini selalu ada di kulkas, segeer banget πŸ˜„, selain itu sy juga suka alpukat mentega yg isinya tebel dan daging buahnya aga kekuningan, enak banget dimakan gitu aja ato ditambah serutan gula merah atau gula semut πŸ˜‹

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segar ya mba makan semangka dingin πŸ˜†

      Suka buat khilaf kadang karena terlalu segarnya 🀣 ehehe. Saya sampai sekarang belum kesampaian coba alpukat mentega yang fenomenal. Dulu sering lihat teman saya bahas soal alpukat mentega, Kojama atau apa gitu namanya 😬 ehehehe. Tapi berhubung saya jarang makan alpukat, biasa hanya minum jusnya saja, jadi belum sampai ke tahap penasaran πŸ˜†

      Terus sekarang jadi membayangkan, rasanya seenak apa? 😍

      Delete
  2. Saya juga mba (lagi ngunyah jeruk sambil ngetik komen) πŸ˜‚ tapi kalo saya sanggup makan sekilo jeruk mba, tapi diperes dulu trus dikasih es batu. Sekali teguk aja itu, tandas. πŸ˜‚

    Kalo disini justru buah jeruk harganya melambung sejak corona mewabah. Sepertinya kebutuhan vitamin c meningkat tajam (selaen jambu biji yang tinggal manjat aja di pohon tetangga)πŸ˜… , kemaren sekilo jeruk harganya 25 rb, biasanya 12 sampe 14 rb an.

    Nah, kalo soal semangka. kayaknya bakal jadi postingan di blog ini mah, kemaren-kemaren itu kerjaan saya gak makan-makan, ngabisin jus semangka aja dua hari, karena yang laen entah bosen ato gak doyan lagi, (jusnya gak dikasih gula) dan karena disini yang dijual cuma buah semangka di warung sayur) πŸ˜‚

    Kalo mangga mah jangan ditanya favorit sama nanas juga, pisang disini anak2 pada doyan semua (kalo lagi laper) apalagi kalo udah jadi es krim πŸ˜… sampe ngilu2 hantam sajaaaa...

    Kalo melon hmm.. saya baru kenal buah melon pas lulus SMA mba πŸ˜‚, kalo temen saya dulu gak beli melon saya gak bakal penasaran gimana rasanya (maklum turunan orang desa, jadi konsumsi buah yang kdg agak eksotis, semacam buah duku, cermai, buah hukam, gandario, selentek, rambe dan sejenisnya (gak tau pasti kan mba) πŸ˜‚

    Markisa banyak mba disini, tapi tanamannya aja. Ada beberapa tetangga yang nanem kok mba, buahnya banyak tapi makannya males, biji semuaa..πŸ˜‚

    Nah itu, kalo setiap saya nonton acara turis yang ke indo, pasti mereka itu nyari mangga, nanas, pisang, jeruk nipis, sirsak dan buah2 lokal lainnya yang pastinya gak ada di negara empat musim.

    Dan kita sepatutnya emang bangga, dengan kekayaan negeri inihhh... 😁



    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Jeruk peras enak banget mba 😍

      Iya belakangan ini harga Jeruk lumayan naik katanya, ya ~ semoga segera turun kembali mba, sama seperti Lemon kemarin sempat naik tapi nggak tau kalau sekarang 😬 by the way, saya suka juga Jambu Biji tapi versi jus dan minuman segernya πŸ˜‚ karena terakhir kali makan Jambu Biji versi buah sudah lama (saat masih sekolah dasar) πŸ˜†

      Semangkaaaa kalau di-jus memang enak bingits ya mba 🀣 saya biasa kalau nggak di-jus pasti dikerok makannya, diajari oleh pasangan makan semangka ala mereka, buahnya dikerok terus dituang es batu dan sedikit air πŸ˜† dan bisa langsung disantap rame-rame dari buahnya 😍

      Ohya dari semua nama buah eksotis yang mba sebutkan, saya hanya tau duku saja karena ibu saya dulu suka belikan duku πŸ˜† dan saya lumayan doyan tapi sudah lama sekali saya terakhir kali makan duku, jadi lupa-lupa ingat bagaimana rasanya 🀣

      Iya mba, si dia juga kalau di Indonesia pasti yang diminta buah Mangga, Buah Naga, Buah Manggis, Buah Pisang, pokoknya buah-buah yang di negaranya nggak ada ataupun mahal πŸ˜‚ kalau di Indonesia mungkin karena buahnya belum melalui proses import jadi rasanya pun jauh lebih enak 😍

      Delete
  3. I feel you, Mba. Hehehe.

    Jadi inget pas masih di Jepang. Harga buah mahal dan ukurannya kecil2. Iya, jeruk juga nggak semanis jeruk di Indo. Mangga apalagi. Enakan mangga Indonesia ke mana2 ya.

    Semua itu membuat saya bersyukur banget bisa tinggal di Indonesia. Hasil alam melimpah ruah dan harganya terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mangga Indonesia sih juaranya mba πŸ˜† enak banget!

      Setuju sama mba, saya pun bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena kekayaan alamnya akan buah membuat saya bisa makan buah sepuasnya, belum lagi kekayaan akan rempahnya yang membuat semua makanan menjadi terasa lebih mantaphhh πŸ˜‚

      Delete
  4. Kayaknya buah di Indonesia kebanyakan juga impor hahaha.
    Kayak jeruk, itu dari China, meskipun juga buah lokal nggak kalah banyaknya.

    Kalau buah lokal memang jarang bisa nemuin yang bagus, dan terjangkau.
    Entah mengapa, buah impor khususnya dari China itu jauh lebih murah dan manis.

    Sementara buah lokal yang bagus jauh lebih mahal, meski ya nggak semahal di Korea sih :D

    Kalau saya suka...
    Buah apa aja hahaha, eh selain pisang dan nanas sih.
    Kalau pisang saya better diolah, kayak pisgor atau cake pisang gitu, entah mengapa saya agak eneg bahkan sama baunya.

    Untungnya anak-anak saya sekarang suka pisang.
    Dulu kalau beli pisang selalu berakhir dengan jadi itam-itam kayak busuk gitu, trus akhirnya saya bikinin cake pisang.
    Nggak pakai resep pasti sih, campurin aja sama terigu dikit, margarin, telur, bubuk cokelat :D

    Kalau buah yang paling saya suka?
    Mangga, baik yang matang maupun mangga muda.
    Nangka
    Durian
    Apel Malang, duh saya suka banget apel Malang yang kadang banyakan kecut ketimbang manisnya hahaha.

    Duhh kok ya jadi bayangin rujak ya, ngomongin buah hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooo iyakah mba? πŸ˜‚ maaf saya nggak tau, soalnya si mba yang biasa belikan buah di pasar itu bilang kalau buahnya dari petani lokal 🀣 apa mungkin yang import yang dijual di supermarket yaaa ~ hehehehe.

      Kebetulan si mba di rumah kalau beli buah di pasar tradisional sekalian beli sayur dan lainnya. Terus si mba biasa info ada buah Jeruk, buah Naga, Mangga dan lain-lain yang dari petani lokal terus manis-manis, lalu si mba bertanya, "Mau dibelikan nggak?" πŸ˜†

      Eniho pisang dibuat piscok sama molen / pisang goreng memang enakkkk banget ya mba 😍 jadi membayangkan. Apalagi pisang-pisang yang fenominil seperti pisang goreng madu, terus pisang nugget dan lainnya πŸ˜‚

      Saya jadi ikut membayangkan rujak juga nih mba 🀣

      Delete
  5. Saya tim Duku dan Pisang. Lebih spesifik lagi saya suka banget sama Pisang Raja Sere karena rasanya yang manis dan sedikit kecut.

    Pernah waktu kuliah di Aussie, saat Queensland (penghasil pisang) kebanjiran, harga pisang di Aussie gila gilaan jadi saya tak bisa menikmati pisang.. Saking kangennya makan pisang sampai bikin postingan tentang pisang

    http://www.cipusuaib.id/2011/10/perubahan-iklim-dan-pisang.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai dibuat postingannya coba πŸ˜‚ pasti mas Cipu rindu sekali sama pisangggg ~ ahahaha. Tapi saya pun merasakan hal yang sama. Sekarang lagi rindu banget sama buah Jeruk maniiiiis dan buah Mangga 😍

      Delete
  6. Semangka dingin itu emang endes banget ya, hahaha. Tapi buah favoritku sepanjang masa itu apel. Biar kece kaya snow white :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, Apel memang identik dengan Snow White ya 😁

      Delete
  7. Hampir semua jenis buah saya suka kecuali buah yang berbau tajam seperti durian dan pete dan saya sangat suka sama buah pisang tapi karena suatu penyakit sudah hampir dua bulan ini dlarang makan pisang walaupun pisang itu sudah diolah jadi makanan, sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Kal El sakit apa? Kok sampai nggak boleh makan pisang? 😳 semoga cepat sembuh mas, agar bisa menikmati buah kesukaan mas lagi secepatnya πŸ˜‡

      Delete
    2. Sakit pencernaan, dokter bilang asam lambungnya terlalu tinggi. Kalau habis makan pisang perut terasa keras dan sakit apalagi pisang yang dimakan itu pisang Ambon cepat banget terasa sakit.

      Delete
    3. I see, get well really soon mas πŸ˜‡ semangat!

      Delete
  8. Kayaknya saya suka mangga deh, Mbak. Hehehe... Pokoknya kalau sudah makan mangga bisa nggak berhenti-berhenti. Waktu kecil dulu saya punya kawan yang di halaman rumahnya ada mangga apel. Tiap panen, saya pasti bawa pulang berplastik-plastik besar mangga apel. Itu sebagian besar saya yang makan. Hehehehe...

    Btw, kalau Mbak Eno suka buah, pasti bakal senang banget ke Chiang Mai. Buah-buahan potong di sana murah banget. Setengah nanas masih ada yang jual 20 baht.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya selalu berpikir, orang-orang yang punya pohon Mangga itu sangat beruntung karena nggak perlu beli Mangga setiap kali panen Mangga di pasar πŸ˜‚ salah satu teman baik saya pun punya pohon Mangga di rumahnya. Dan setiap kali panen, kami teman-temannya diajak semua main ke rumah lalu sama ibunya diberikan bekal Mangga 🀣

      Semoga one day saya ada kesempatan ke Chiang Mai ya, mas 😍

      Delete
  9. Oh ternyata jeruk di Korea mahal ya mbak, berarti aku beruntung ya, disini kalo lagi murah jeruk lokal itu harganya cuma 8 ribu saja sekilo, murah sekali ya, tapi kalo mahal ya bisa sampai 25 ribu.πŸ˜‚

    Disini kemarin kemarin ada yang jual jeruk Mandarin yang kecil-kecil harganya 30 ribu, tapi memang enak sih, ada harga ada rupa.

    Sebenarnya buah favoritku adalah jeruk Bali, itu lho jeruk yang besar sekali, harganya juga lumayan bisa 50 ribu, makanya biarpun suka juga jarang beli.😁

    Mungkin di Korea itu cuacanya ada empat musim makanya buah-buahan agak mahal ya atau mungkin Korea kan negara maju di Asia seperti Jepang.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mahal mas, dan nggak manis ada kecut-kecutnya sikitttt 😁 mungkin yang suka kecut dan asam pasti suka Jeruk Korea πŸ˜‚ harganya kalau sekotak itu sekitar IDR 250.000 (mungkin dapatnya kisaran 2-3kg mas (lupa-lupa ingat) tapi yang pasti nggak begitu banyak πŸ˜† kalau petik sendiri seperti yang biasa saya lakukan, itu sekantong harganya IDR 130.000 ~

      Waaah saya justru jaranggg makan Jeruk Bali, meski banyak dijual di pasaran karena rasanya masih agak asam. Favorit saya Jeruk kampung mas, yang warnanya oren kehijau-hijauan tapi rasanya manis mantaphh 🀣

      Alasan mendasar buah tropis mahal karena mereka harus import mas kecuali Jeruk yang memang ada di Pulau Jeju tapi tetap agak berbeda sama Jeruk Indonesia entah kenapa. While, buah yang murah di Korea itu buah-buah seperti Strawberry, Peach dan sejenisnya 😬

      Delete
    2. Iya juga sih, apalagi jeruk Berastagi sama jeruk Pontianak ya mbak, enak banget itu.

      Wah di Bali ada jeruk Bali ya, padahal menurutku enak sih, ada asem manis, tapi kalo masih muda malah ada pahitnya.

      Berarti Jeju island itu banyak buahnya ya, selain jeruk juga ada peach dan strawberry.

      Delete
    3. Kalau Jeruk Berastagi saya nggak pernah coba mas, apa mungkin saya nggak tau ya Jeruk yang saya makan itu Jeruk Berastagi 🀣 nah kalau Jeruk Ponti pernah coba beberapa kali tapi nggak ingat bagaimana rasanya. Si mba setiap beli juga nggak pernah info itu Jeruk apa, cuma bilang Jeruk dari petani lokal belinya di pasar tradisional πŸ˜‚

      Di supermarket ada mas yang jual jeruk Bali, ukurannya besar-besar tapi sudah dikupas dan dipacking gitu 😬 nah kalau di Jeju paling terkenal Jeruknya 😍 while Strawberry dan Peach ada kota penghasilnya sendiri yang lebih terkenal πŸ˜„

      Delete
  10. aku juga sukak banget buah mangga. apalagi mangga indramayu dan harum manis. sayangnya musiman sih jadi gak bisa setiap hari menikmati.

    meski sebenernya walau gak musim, di giant atau carefour juga ada sih. tapi rasanya kurang mantabs.. gak semanis pas lagi musimnya.

    kalo jeruk, aku kurang suka. tapi pernah waktu hamil tiba2 doyan jeruk. sehari abis 3kg.. wkwk.. sadis emang mak emak hamil yaa 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, buah Mangga itu musiman jadi sedih nggak selalu bisa makan. Kadang pas lagi musimnya, pas saya nggak di Indonesia πŸ˜‚

      Beuuuh 3 kg dalam sehari banyak bangettt mba, habis itu biasanya langsung nggak doyan lagi karena too much 🀣

      Delete
  11. Aku suka semua buah. Dari yang asem sampai bikin meringis kunyahnya sampai yang manis aku suka.

    Tapi yang paling favorit alpukat.
    Ngolahnya simpel aja, tinggal dipotong ukuran sedang daging buahnya terus ditaburi gula dikiit ... udah enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sepertinya seingat saya nggak pernah makan buah Alpukat secara langsung πŸ˜† biasanya di-jus terus dikasih susu cokelat. Jadi penasaran bagaimana rasa Alpukat yang dimakan langsung dan dicampur gula 😍

      Delete
  12. Akuuuuuu, penyuka buah-buahan apapun kecuali yang asam-asam kayak soursop alias sirsak, naga juga kurang suka sih soalnya menurutku agak langu

    Jeruk ga begitu...suka males buangin kulit putih2nya kalau jeruk tuh, tapi ada cara makan jeruk yang bikin aku suka semangat yaitu dibikin kayak sarang tawon atau megar seperti bunga, tapi ya itu ngletekin putih2nya itu yang paling pe er hahahah

    Kalau yang kusuka biasanya yang khas-khas tropis, misalnya duku, sawo, kepel (ini cukup langka tali wangi dan rasanya manis) dan ini adanya di tempat tante yang ada di kampung halaman sana, huhu...di sini belom nemu, nenas, pepaya, sirkaya, dureeeeen of course favoriid sampai pakenya huruf d biar kerasa sukanya haha, mangga untuk beberapa jenis kayak manalagi itu aku suka banget, pisang ambon tapi yang ijo bukan yang kuning mulus....banyak pokoknya mb eno..bisa kujembreng 1 postingan sendiri klo ngomongin buah di blog wekekeke


    Pokoknya ya... kalau musim buah apa, pasti di deket rumahku kan suka ada mobil pickup tuh yang ngejualin buah-buahan itu. Dan itu kiloannya jadi murah banget misal pas panen raya, nah karena aku dan suami sama sama pecinta buah maka biasanya kami bisa beli sampe 2 kilo sendiri, pernah sampe sakit perut tuh nyemilin duku wekekekkek

    Hunting duren juga sering kami tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mba Nita sih saya tau banget suka Durian, karena pernah baca post-nya beberapa kali bahas soal hunting Durian πŸ˜†

      Saya juga paling malas mba makan Jeruk ada putih-putihnyaaa, tapi karena saya suka banget sama Jeruk manis jadi rela membersihkan putih-putihnya dulu sebelum makan πŸ˜‚ demi biar bisa menikmati Jeruk dengan leluasa πŸ€ͺ

      Ayo mba Nita buat post membahas soal buah-buahan, pasti post mba Nita lebih lengkaaap daripada saya 😍

      Delete
  13. Saya sendiri lebih suka buah mangga. Baik mangga lokal yang ounya serat dan rada-rada asam itu. Hingga buah mangga yang katanya impor.

    Gak tau kenapa, karena kata teman² saya. Jarang cowok yang suka (sekali) buah mangga.

    Buah mangga saya lebih suka dimakan langsung tanpa di olah. Rasa aslinya lebih menggoda daripada dibuat jus atau apa lah namanya.

    Buah selanjutnya mungkin Alpukat, Saya lebih suka alpukat varietas lama. Yang lebih kental rasa (santannya). Enak aja kalau dimakan langsung.

    Markisa saya kurang suka. Saya kurang suka baunya, sama seperti saudaranya terong virus.

    Padahal daerah saya penghasil markisah sama terong virus.

    Bicara ketidak sukaan Kak. Saya ga suka sama buah durian. 😒

    Saya bisa mual dan muntah-muntah sampe lems karena baunya saja. πŸ˜‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih no worries mas, banyak kok cowok yang suka buah Mangga. Di sekitar saya mostly pada suka Mangga semua, dan teman-teman bloggers cowok di atas pun beberapa suka Mangga πŸ˜‚

      Dan saya setuju, buah Mangga paling enak dimakan langsung daripada di-jus hihihi rasanya lebih lezat 😍 dan mas lucky banget di daerahnya ada penghasil Markisa huhu. Di Bali susah cari buah Markisa ~ jadi saya sudah jarangggg sekali makan Markisa. Mungkin terakhir kali makan itu 2 tahun sebelumnya πŸ˜‚

      Delete
    2. Iya Mba, Daerah saya di Kabupaten Solok dekat Danau Kembar oenghasil Markisah. Tapi saya sendiri kurang suka karena baunya agak sedikit kurang diterima hidungku Mba. Haha..

      Bicara soal mangga aku suka sekali mba. Kadang2 pas ga musim nya pengen banget. Malah di bilang ngidam.

      Padahal memang dr sononya suka mangga hahaha.

      Delete
    3. Oh Solok itu penghasil Markisa, saya baru tau πŸ˜† Hahahaha, saya juga kalau sedang nggak musim Mangga kadang suka kepikiran mau makan. Seperti sekarang 🀣 jadi harus sabar-sabar sampai musimnya kembali datang 😬

      Delete
  14. semangka doyan, apalagi kalo buat jus siang hari,segernyaaaaaa
    alpukat juga suka, malah lebih sering beli jus alpukat daripada buah yang lain
    pisang kalo dibuat pisang goreng lebih doyan lagi hahaha
    kadang meskipun dirumah ada pisang, jarang aku sentuh juga

    yang aku hindari adalah rambutan, meskipun orang makan disebelah aku sebanyak apapun, aku nggak 'tertarik' buat makan, soalnya dulu pernah kena tipes ya gara gara kebanyakan rambutan juga hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEGARRRR BANGETSSS 😍

      Ehehehe pisang goreng memang enaks mba ~ apalagi kalau dimakan sore-sore sambil minum teh 🀣 macam orang tuak saja ya gayanya hahaha. Eniho banyak makan rambutan bisa menyebabkan tipes kah? Saya baru tau 😳 untung saya jarang makan rambutan karena jarang lihat juga πŸ˜†

      Delete
  15. Saya sebenarnya agak susah membedakan antara sekadar suka dengan doyan. Kalo dibilang suka, saya suka mbak makan jeruk. Semangka suka juga. Pisang saya suka. Pokoknya yang buah-buahan lokal saya suka mba. Kecuali, buahnya bener-bener masem kayak buah pauh (hanya orang dusun yang mungkin tau), buah pauh yang adik-beradik mangga, sering dijual di pasar tradisional untuk dibuat sambel. Masam pakek bangetlah itu buahπŸ˜‚

    Nah kalo doyan, saya doyan sama buah duren. Kalo mungkin ada yang gak suka karena baunya. Duh itu bau duren memang menyengat, tapi itulah khasnya. Saya suka duren karena kami juga punya kebon yang isinya ada pohon duren, jadi kalo lagi musimya uwiuhh sampe terbosan-bosan makannya. Walau begitu masih tetap doyan, bisa dibikin tempoyaklah, bisa dibikin dodol, kue dan laim-lainπŸ˜‚πŸ€£

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga bingung mba πŸ˜‚

      Makanya saya jarang pakai kata 'doyan' karena nggak bisa begitu membedakan antara suka dan doyan 😁 hehe. By the way saya baru dengan buah Pauh, jadi penasaran seperti apa bentukannya 😍 mungkin kalau dibuat jadi sambal agak mirip sambal Mangga ya, mba?

      Buat pecinta durian, mungkin punya kebun durian merupakan salah satu mimpi terindah πŸ˜‚ meski saya pribadi nggak makan durian, tapi saya tau banget bagaimana perasaan teman-teman saya yang memang sangat mencintai durian 🀣 dan saya pun bisa turut membayangkan apa yang mba rasakan 😬 pasti happy ya, mbaaa πŸ˜‚

      Delete
  16. Aku suka banget mangga! Sayangnya buah ini musiman T_T makanya kalo udah masuk musim mangga, tiap minggu bisa beli terus ke pasar, kebetulan anakku juga doyan jadi ada teman makan hihi

    Buah lainnya paling anggur, tapi lebih suka yang impor seedless gitu, langsung bisa di-hap hap tanpa lepeh bijinya πŸ˜† dan rasanya pasti manis. Terus dimakan sama yogurt juga segerrr banget. Ini snack favorit di kala diet hahahaha

    Terakhir, aku juga suka salak gula pasir! Entah kenapa enak aja gitu makanin salak sambil nonton atau nyantai. Kalau di Bali salak ini banyak banget ya, malah dijadiin oleh-oleh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbaaa, kalau sudah musim Mangga bawaannya mau makan terus hahaha. Kadang bisa beberapa hari berturut-turut cuma mau makan buah Mangga 🀣 sampai bosan ~ tapi untung saya jarang bosan sama Mangga 😬

      Oh saya juga lumayan suka Anggur tapi yang hijau hehe karena seperti mba, saya paling malas makan yang ada bijinya πŸ˜‚ maunya tinggal kunyah tanpa harus lepah-lepeh hahaha. Kalau Anggur mau dimakan pakai apa saja enak, termasuk pakai Chia Puding, Oats dan teman-temannya πŸ˜†

      Eniho, saya justru belum pernah coba Salak gula pasir, seperti apa ya kira-kira rasanya mba 🀣 kebetulan saya jarang beli salak juga kalau di Bali πŸ˜†

      Delete
  17. Kalau saya semua buah saya suka mbak, apapun jenisnya mulai dari jeruk sampai duren, suka banget.

    Beruntung ya semua buah di Indonesia rata-rata manis, meskipun terkadang yang masam bisa dibuat manis oleh penjualnya hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah enaknya bisa suka semua buah, jadi apapun yang ada pasti langsung dilahap sama mas Roni 😍 hihihi ~

      Iya so lucky buah di Indonesia mostly manis, asal matang sempurna pasti enak untuk dimakan 🀣 dan kalau beli di pasar kemungkinan dikasih pemanis buatan sangat kecil kan, mas? 😬

      Delete
  18. kalau buah mah, negara2 tropis emang surganya yaaa..

    aku juga suka semangka, paling sukaaa, kalau jeruk tergantung manis atau enggaknya..

    kalau markisa, di sini di suatu daerah bernama Solok di sumatera barat banyak bgt jualannya, tiap lewat hampir selalu beli..

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaah 😍 lucky bisa lahir di negara tropis πŸ˜†

      Saya pun baru tau Solok adalah penghasil buah Markisa karena komentar dari mas Afriant Ishaq 😁 sayangnya di Bali jarang bisa lihat buah Markisa 🀣 apa saya-nya yang main kurang jauh, yaaa πŸ€ͺ

      Delete
  19. Bener sih mba, buah di Indonesia itu murah2, banyaaak jenisnya dan enak. Walopun yaaa utk bbrp macam aku ttp LBH suka yg dari LN. Cthnya anggur, mana ada yg enak di indo :p. Pasti asem dan berbiji. Mau enak, aku pasti beli anggur hitam di supermarket yg banyak buah dr luar.

    Tp klao buah khas Indonesia yg paliiiing aku suka itu juga mangga. Harumanis , golek, Ama mangga yg baru itu, mangga alpukat, duuuh suka banget.

    Kalo jeruk aku malah doyannya yg manis asem mba, jd seger hahahah. Kalo terlalu manis aku ga doyan. Paling suka Ama jeruk yg kecil2 itu, yg selalu ada pas Imlek, ya ampuuuun enak banget, manis asemnya pas. Mana lgs di hap semua klo makan itu saking imutnya hahahah.

    Rasanya ga banyak buah yg aku ga doyan, tp salah satunya strawberry dan kedondong, aku ga bakal nyentuh biasanya :p. Krn asem sih. Eh sama rambutan Aku ga doyan blaaaas :p. Soalnya pasti kulit arinya slalu ikut kegigit hahahaha. Makanya ga suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha, sama mbaaa ~ kalau Anggur juga suka yang import karena nggak ada bijinya jadi tinggal telan πŸ˜‚ eniho, buah Mangga itu memang primadona yaaa. Jarang saya lihat ada orang yang nggak suka buah Mangga. Seenggaknya buah Mangga ini nggak menimbulkan pertikaian seperti buah Durian yang selalu jadi perdebatan antara orang yang sangat sangat menyukainya dan sangat sangat nggak menyukainya πŸ˜†

      Saya pun nggak begitu doyan Strawberry karena asam mba, tapi kalau di-smoothies masih suka 😍 ahahaha. Mungkin karena agak berkurang asamnya πŸ˜‚

      Delete