Sweet Person (?) | CREAMENO

Pages

Sweet Person (?)

Pertanyaan yang paling sering gue dapat via email sampai sekarang adalah --- "Bagaimana rasanya punya pasangan orang Korea?" --- They simply asked, "Ayo dong kak cerita." yang selalu gue jawab dengan, "Nggak ada bedanyah." πŸ˜…πŸ˜‚ Wk. Ini serius, gue bingung setiap ditanya bagaimana, masa mau gue jawab, manis asam asin nano nano ramai rasanyaaa (?) πŸ€ͺ Alhasil, gue sempat nggak ada niat menuliskan soal ini secara gamblang karena nggak penting untuk dibahas 🀣

Jujur genks, dia itu normal sangaaats, sama seperti kebanyakan pria di luar sana yang kadang lupa taruh kaos kaki pada tempatnya, lupa simpan handuk di laundry bag, lupa tutup pintu kamar, lupa lap wastafel basah, ampuuuun deh kalau di-list ternyata banyak lupanya *gue sabar banget, yak!* hahaha. Dan dia sama seperti pria pada umumnya yang nervous setiap ditanya, "Gue gendutaan?" -- antara mau jawab, "Iya." takut disuruh tidur luar, atau, "Nggak." kawatir disangka bohongan πŸ˜‚

🐰🐰🐰

And then, apa dia sweet seperti pria di drama? Ini pertanyaan ke dua yang sering secara langsung atau nggak langsung ditanya, dan jawabannya, "Tergantung." hahahahaha. Tergantung bagaimana perlakuan gue ke dia, menurut gue, semua pria sweet kalau kita sebagai wanita bisa posisikan diri kita as wanita yang sweet ugha *gula kali, wak* πŸ˜† Kadang gue nggak terima kalau si kesayangan dibilang sweet hanya karena dia orang Korea, HILIH, secara in real, gue jauuh lebih sweet dari dia, lima kali lipat dan gue orang Indonesia 😜 *percaya, nggak?* *sama, gue pun nggak percaya* Wk.

Gue pribadi selalu pegang teguh nasihat Ibu ---- berikan yang terbaik untuk pasangan melebihi apa yang biasa gue berikan pada orang sekitar (teman, keluarga, partners, clients, staff, etc). Kalau gue bisa usaha jadi teman yang baik untuk sohibuuls gue, atau anak yang baik untuk ortu gue, bahkan leader yang baik untuk circle pekerjaan gue, kenapa gue nggak bisa jadi pasangan yang baik untuk the only man yang ada di hidup gue (?) As simple as that 😁 Makanyaa gue berusaha, every single day, untuk memberikan yang terbaik yang gue bisa meski ada kurang-kurangnya πŸ€ͺ

Ibarat gue bisa panggil sayang ke teman, atau beberapa blogger friends yang lebih muda, means, gue bisa lakukan hal serupa untuk si kesayangan minimal setara dengan selalu mengekspresikan perasaan gue ke dia setiap hari agar dia tau bahwa dia dicintai dengan sangat dan nggak ada yang berubah setelah bertahun-tahun lewat. Gue orang yang nggak segan bilang I love you, atau puji si kesayangan dengan kata positif seperti Sugohaseyo, you doing great --- to cheesy words such as you are so handsome, endeblabla *yang mau muntah, kamar mandi ada di kanan* πŸ˜‚

Karena itu pula, si kesayangan jadi appreciate apapun yang gue lakukan, though gue tau, karakter dia dari dulu memang begitu, berkat orang tuanya yang berhasil membesarkan dia jadi a kind and nice man 😁 Mau masakan gue biasa saja, dia akan bilang, "Thank you Honey, it's delicious." atau sesederhana gue tunggu dia depan pintu rumah ketika bunyi password ditekan, dia akan langsung peluk gue dan tanya, "How's your day?" padahal dia yang kerja tapi justru dia yang tanya hari gue, karena menurut dia, nggak mudah stay still di rumah (apalagi buat Ibu-Ibu yang ada anak) πŸ™ˆ

Selain ituu, jika ditanya, apa dia sering gandeng tangan atau rangkul ketika menyebrang, bawakan barang berat, cuci piring, this and that, waaaw kebanyakan menonton drama deh ah hahahahaha. Nggak usah jauh ke Korea, gue yakin di Indonesia banyak mas-mas, uda-uda, akang-akang, bapak-bapak yang dengan senang hati bantu pasangan. Ya kan, Mas, Kang, Paaaak? 🀣 Karena dari sudut pandang si kesayangan, itu sebetulnya basic manner, bukan sesuatu yang istimewa 😁

🐰🐰🐰

So, being sweet, considerate, nice and kind -- nggak ada hubungannya dengan dari mana asal kita πŸ˜† Sebab even as an Indonesian, gue dan teman-teman bisa jadi sweet person yang menyayangi dan disayangi pasangan hingga akhir hayat huehehehehehe. Eniho, setiap pasangan tentu punya cara berbeda untuk membuat hubungan bisa terjaga, jadi instead of mengikuti apa yang pasangan lain lakukan, better cari hal yang paling pas sesuai personal kita dan pasangan 😍

On top of that, yang terpenting adalah tulus apa adanya --- namun bukan berarti, kita nggak giving our best untuk orang yang kita cinta dengan alasan, "Ini gueh, apa adanya gueh begini, terserah lu mau terima atau nggak." 🀣 Wadoow! Hahahaha. Jangan begitu yaaa genks, karena gue termasuk golongan yang percaya bahwa cinta perlu dipupuk agar berkualitas dan salah satu caranya adalah dengan memberikan yang terbaik sesuai standar kita untuk pasangan kita 😁

Dan pasangan kita adalah seseorang yang digariskan Tuhan sebagai pendamping kita sampai kita tutup usia, the only one yang akan stay di sisi kita, bahkan saat anak kita sudah pergi mengejar mimpi, cita, dan cinta mereka πŸ’• Hihi, gue jadi ingat quote fenomenal dari Audrey Hepburn yang isinya, "The best thing to hold onto in life is each other." ------ yang gue tempel di studio sebagai pengingat bukan hanya when things are hard, namun saat gue bahagiaaa, gue ingin si kesayangan jadi orang pertama yang tertular rasa itu dan menikmati rasa itu berdua πŸ₯³πŸŽ‰

Ps: teman-teman bisa baca topik serupa pada tulisan gue related to Korea di Know Your Worth dan Put Some Efforts untuk tau point of view gue lainnya 😁 Thank you so much.

62 comments:

  1. *belok kanan*
    Dah, aku udah selesai muntahnya, sekarang udah bisa nulis komentar di sini 🀣

    Aku rasa karena kebanyakan orang nonton drakor dan selalu ditampilkan aktor-aktor Korea yang so sweet banget gitu, that's why pertanyaan apakah Korean Man aslinya so sweet atau tidak menjadi pertanyaan utama yang sering ditanyakan πŸ˜‚ termasuk oleh diriku karena aku awalnya juga penasaran apakah mereka benar-benar se-romantis banget itu πŸ˜‚ *korban drama*

    Apa yang Kak Eno bilang, aku setujuuu. Intinya kembali ke bagaimana cara kita pribadi treat pasangan, kalau kita juga selalu memupuk cinta kita, pasangan juga pasti akan ikut tertular. Aku percaya kok Kak Eno lebih romantis dari Kesayangan 😝 udah terbukti bangettt πŸ€ͺ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha 🀣

      Mungkin belum menonton The World of Married atau Penthouse yang isinya instead of aktor manis, justru jahat semua πŸ˜‚ Bukannya kelepek-kelepek lihat mereka, bawaannya justru mau banting TV karena karakter prianya banyak gaya πŸ€ͺ

      But kakak bisa mengerti, semisal sukanya menonton romcom memang bisa jadi salfok dan beranggapan mereka semua manis hehehehe, makanya kalau lihat drama baiknya selang seling. Wk. Though drama manis nggak selamanya buruk, sebab dari situ, some people, justru dapat inspirasi untuk jadi pasangan yang baik 😁

      Iya Lia, maksud kakak begitu, mungkin teman-teman bisa baca cerita Lia yang the beginning hahahaha, biar tau, kalau ada lhoo cowok seperti prikitiew yang manis dan menyenangkan 😍 Ps: terima kasih Lia sudah percaya kalau kakak lebih dari si kesayangan 🀣 Nih kakak kasih camilan πŸ₯€πŸŽ‚πŸ₯¨πŸ§πŸ« *kurang manis apa coba* πŸ˜‚

      Delete
    2. Wkwkw iya, benar! Sesekali harus nonton deh yang kayak World of Married, karakter prianya itu bikin pengin dipites, di lempar sendal, dijambakin tiap episode πŸ˜‚. Aku sendiri nggak kuat nontonnya, jadi aku cuma nonton eps awal dan akhir saking emosinya sama karakter prianya πŸ˜‚. Sisanya kena spoiler dari Emak yang ikutan kesal sama karakter prianya wkwkwk. Kalau abis nonton drama ini, mungkin mata orang-orang bisa lebih terbuka 🀣

      Betul sekaliii. Yang seimbang lebih baik ya, Kak πŸ˜†.

      Wadawww, aku jadi malu *kok jadi aku yang malu 🀣*
      Tuh kan Kak Eno mah manizzz bangettt πŸ€ͺ ini Kesayangannya Kak Eno nggak mau nyogok aku pakai camilan juga apa? #kompor πŸ€ͺ

      Delete
    3. Bukan cuma dipites dan dijambak, maunya dibuang ke Amazon sekalian biar dimakan buaya *eh ada buaya nggak ya di sana? Wk* 🀣 Jadi buaya ketemu buaya, penasaran siapa yang menang πŸ€ͺ Betul-betul kebangetan karakternya πŸ™ˆ

      Duuuh yang maluuuu, ayo dilanjut dong, pembaca bucin penasaran kelanjutan episode The Beginning bagaimana πŸ˜‚ Kayaknya belum sampai tahap video dipajang saat perpisahan kaaaan, hahahaha *mencoba bersabar* πŸ˜†πŸ˜œ

      Kata si kesayangan nggak usah disogok juga seluruh dunia tau dia yang lebih manis dari kakak 🀣 PD gilaaaa. Mungkin dunia lain kali ya maksudnya πŸ˜‘πŸ˜‚

      Delete
    4. Kayaknya ada buaya, bahkan mungkin ada Aligator di sana πŸ€”. Lebih seru dimakan piranha, Kak, soalnya digigit dikit-dikit gitu kan, lebih greget *kok jadi psikopat*

      Wkwk sabar saudara-saudari, harap tenang dan bersabar menanti part 02 nya yang nggak tahu kapan akan ditulisnya 🀣 #kaborrr

      Maaf, untuk pernyataan yang itu, aku nggak bisa mendukung karena belum terbukti πŸ€ͺ mungkin benar dunia lain maksudnya πŸ€ͺ #benerankabur

      Delete
    5. Ohiya betul, ada Piranha 🀣 Eh tapi waktu kakak lihat Piranha di Bali Safari, mereka makannya cepat Li, dalam hitungan detik langsung habis satu ayam. Nggak sedikit-sedikit πŸ˜‚ Ini kenapa jadi bahas Amazon siiih kita, mana si kesayangan salfok waktu kakak tanya ada apa di Amazon, kata dia ada online shop πŸ˜† *malu jadinya*

      It's okay. Tahun depan pun nggak apa-apa. Biar kayak si kesayangan, setahun sekali comeback. Wk 🀣 Si prikitiew nggak berminat menulis di blog Lia, kah? Penasaran Lia di mata prikitiew apa seanggun yang kakak bayangkan 😜 Kiw.

      Delete
    6. Oyaaa? Yah, kalau gitu nggak seru. Lebih seru yang digigit dikit-dikit biar lebih tersiksa rasanya 🀣. WKWKWKWK ngakak 🀣 nggak salah juga kalau dibilang ada olshop 🀣 tapi bikin ngakak wkwk pembahasan kita terlalu random, sampai si Kesayangan aja nggak kepikiran kalau Amazon yang kita bahas adalah sungai 🀣

      Wkwk niatku sih begitu, biar sama kayak Kesayangannya Kakak πŸ€ͺ nggak dingg. Mungkin ceritaku akan tayang 1 tahun 2x *mungkin* πŸ™ˆ
      Aku udah pernah minta dia menulis di blogku, tapi dia kayak pura-pura nggak denger, Kak 🀧. Nggak dijawab mau atau tidak, kayak nggak denger aja gitu 🀧🀣 pengin dipites.

      Delete
    7. OMOOO Liaaa, seram amattt hahahahahaha. Kakak pernah digigit ikan kecil-kecil yang buat spa itu saja sudah nggak tahan, apalagi digigit Piranha 🀣

      Iya tadi kakak tanya di Amazon ada apa, memastikan betulan ada buaya apa nggak, eh justru dijawab online shop. Sampai kakak nggak percaya dia jawab itu, semacam memberi tatapan, "Seriously?" πŸ˜‚ Terus kakak akhirnya baru sadar yang dia maksud Amazon website, ya ampun, jauh amat melencengnya πŸ˜† Wk. Lagian kenapa kita bahas Amazon cobaaak, padahal awalnya bahas pria yang sweet 🀣

      Okay, tapi tahun ini belum tayang kaan, berarti ada chance baca 2 tulisan soal prikitiew dan Lia. Yay! Haha πŸ˜‚ Eniho, si prikitiew pakai jurus pura-pura nggak dengar, persis si kesayangan setiap ditanya, "Gue gendutan?" 🀣 Kalau dia punya jurus menghilang, mungkin dia sudah hilang, atau jurus ninja, mungkin dia sudah loncat ke Korea. Jangan-jangan si prikitiew pun ingin menghilang saat Lia tanya πŸ˜† Wk.

      Delete
    8. Yang Spa ikan kecil itu, gimana rasanya, Kak? 🀣 Aku takut lho wkwk

      Wkwkwk kita sama-sama melenceng 🀣 ngakak banget ngebayangin Kak Eno saat memberi tatapan itu 🀣 masalah lagi sama-sama nggak nyambung, untung nggak sampai debat, ini semua akibat terlalu offside 🀣

      Btw, yang The Beginning itu terbitnya awal tahun ini, jadi sisa chance 1x lagi Kak πŸ€ͺ
      Jurus menghilang adalah salah satu jurus yang diharapkan bisa beneran terjadi oleh lelaki kebanyakan 🀣. Kurang lebih perasaan Prikitiew sama dengan Kesayangan Kakak, ingin menghilang aja 🀣 wkwkwk. Istilahnya seperti sedang ujian berat saat ditanya "gue gendutan?" 🀣

      Delete
    9. Kakak awalnya takut Li, tapi penasaran, rasanya geli-geli tapi nggak sakit. Kakak hanya coba sekali dan itu sudah lama. Nggak tau sekarang masih apa nggak 🀣

      Iyaaaa kenapa siiih kita hobi offside, kadang topiknya apa, meleber ke mana-mana, terus lupa tadi bahas apaan. Wk. Untung kakak belum sempat debat sama si kesayangan, padahal seharusnya nggak usah tanya dia, yaa hahaha πŸ€ͺ

      Oalaaah tahun ini rupanya, kenapa berasa lamaaaak. Kakak kira tahun 2020, huhu, berarti masih ada 1x lagi Liiiii *tetap usaha* πŸ˜‚ Eniho, jurus menghilang bukannya banyak terjadi di luar sana? Nama kerennya ghosting sekarang. Teman kakak dulu ada yang jadi korban, pasangannya menghilang tiba-tiba πŸ˜‘ Semoga pasangan kita nggak *cring* *lenyap* cuma karena ditanya, "Gue gendutan?" yaa πŸ˜…

      Delete
  2. rame amat sih kalian berdua? bales-balesan komen kayak bales-balesan chat *eh tapi chat ga sepanjang itu sih

    hahahaha...

    btw, ini ga masuk itungan komen buat blog postnya ya, cuma gatel aja lihat komen panjang isinya kalian berdua saling balas, hahahahaha....

    *intinya, nimbrung dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, seru kalau sudah mengobrol sama Lia 🀣 Bahasannya kadang offside ke mana-mana, sampai si kesayangan pun salfok sama obrolan kami berdua πŸ˜†

      Yaa boleh kalau mau nimbrung Dy, kursinya masih banyak πŸ˜‚

      Delete
    2. Wkwkwk kalau udah ngobrol sama Kak Eno, keseringan offside memang, sampai sering dapat kartu kuning dari wasit 🀣

      Kak Ady, kalau mau nimbrung langsung masoookkk aja, gaskeun 🀣

      Delete
    3. Jauh banget pula offside-nya hahaha, sampai wasit pun lelah duluan mau kejar πŸ˜‚ hahahahahaha. Yuk silakan masuk Dy, jangan lupa lepas sandalnya 🀣

      Delete
    4. ini kenapa jadi ngomongin offside, wasit, kartu kuning? kayak sepakbola aja nih... tadinya bahas apa emang?

      ya jadi itu, pasangan kita harus sweet sama pasangan kita, gitu kan? hehehe

      Delete
    5. Tuh kan jadi melenceng lagi hahahaha. Ya begitu intinya Dy, kita sebisa mungkin bersikap manis sama pasangan jika kita ingin pasangan kita berlaku sama 🀣

      Kita yang dari lahir sudah sweet pun akan capek kalau pasangannya cuek bebek dan nggak pedulian πŸ˜† That's why, dibutuhkan kerjasama dua belah pihak πŸ€ͺ Jangan hanya berharap, namun nggak melakukan apa-apa, ahuahahahaha.

      Delete
  3. Terima kasih post-nya mba Eno. Pagi2 udah dapet dessert yg enak n fresh tea. Ibaratnya begitu post ini wk...

    Note some important points in this post;
    1. Kenapa gue gak bisa jadi pasangan yg baik untuk the only man yg ada di hidup gue. Iya, kebanyakan kita gagal jd pasangan yg baik utk pasangan jiwa kita.
    2. Cinta perlu dipupuk...
    Pupuknya apa y? Aku yakin gak mahal pupuknyaπŸ˜‡
    3. Gak segan bilang I love u, n puji dg kata positif. Kebanyakan org miskin kata I love u utk pasangannya sendiri. Atau sebuah pujian...

    Terima kasih lg nih, postnya berisi banget. Sama dg post2 lainnya.

    Sehat n bahagia sll bersama kesayangannya yah mba EnoπŸ₯°

    Hv a wonderful dy...πŸ’•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba Ike, jadi malu saya, masa disamakan dengan dessert dan fresh tea 🀣

      Eniho, terima kasih untuk key notes-nya mba 😍 Indeed, kadang kita berusaha jadi yang terbaik buat orang di luar kehidupan kita, namun lupa bahwasanya pasangan kita yang utama πŸ˜† hehehe, saya pun masih belajar untuk be better day by day-nya, plus perlu banyak belajar dari mba Ike pulaaaa yang pastinya punya pengalaman 😁

      You too mba Ike, sehat dan bahagia selalu bersama pasangan πŸ₯³πŸŽ‰

      Delete
  4. Anonymous7:50 AM

    Setuju, Mbak Eno. Jadi baik itu enggak ada hubungan sama kebangsaan atau ras orang. Sama juga dengan keyakinan orang bahwa orang Jawa tuh pekerja keras dan sebaliknya suku lainnya malas, enggak juga. Tergantung pribadinya, toh banyak juga org Jawa yang malas dan begitu juga sebaliknya.

    Aku jadi ingat pernah nonton The World of the Married, drakor yang akting pemerannya bagus-bagus. Sayang ceritanya penuh dengan intrik dan kepentingan pribadi, jadi terhenti di episode ketiga hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola, ini siapa, salam kenal 😁

      Iya mba / mas, menjadi baik itu nggak ada hubungannya sama kebangsaan. Dan sudah seyogyanya kita menjadi baik terlepas bagaimana background kita πŸ˜† hehehe. Semoga nggak ada lagi pengkotakan atas dasar suku, agama, negara, this and that 😍 Agar kita semua bisa rukun, hidup berdampingan satu sama lainnya πŸ’•

      Memang drama satu itu bisa buat esmosi mba / mas, makanya menurut saya salah besar jika ada anggapan semua pria manis, hihihi, sebab pasti ada pula yang menyebalkan, hobi ghosting, kasar, nakal, endeblabla πŸ˜… Jangan sampai anggapan seperti ini, membuat wanita gelap mata, nggak mau berusaha 'kenal' lebih dalam 😞

      Delete
  5. hahahaha, efek kebanyakan nonton drakor yang manis-manis Mbak Eno jadi efek sampingnya diabetes. Gak jarang aku lihat yang punya pasangan Korea juga ditanya hal yang sama. Padahal kan tergantung dari kepribadian masing-masing ya, Mbak Eno.:D

    Apakah semua wc di setiap rumah defaultnya di sebelah kanan? #mulaistress. hahahaha

    Selalu suka deh selipan-selipan quotes yang Mbak Eno tulis di blog.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu bahayanya mba, instead of dapat pasangan yang manis ugha, justru dapat diabetes huhuhu 😞 Memang yang benar adalah kitanya dulu usaha jadi manis, kalau mau dapat pasangan yang manis sesuai harapan 🀣 *asal* Wk.

      And yes, semua kembali pada kepribadian kita, dan yang terpenting, ketika kita cari pasangan, jangan sampai tutup mata hanya karena nationality-nya. Perlu dicari tau seluk beluk sampai ke dalamnya agar nggak menyesal dihari kemudian 😁

      Thank you mba Wulan sudah baca tulisan saya πŸ™ˆ

      Delete
  6. Aku selalu senang setiap melihat atau baca pasangan yang terlihat saling menyayangi, respect to each other, dan saling percaya satu sama lain. Membuatku jadi punya alasan untuk tetap percaya bahwa cinta itu memang ada. Wkwkwk.

    Semoga kamu dan pasanganmu selalu sehat dan bahagia ya. Langgeng selalu selamanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha, cinta itu ada kok mba Kimi, asal kita giat merawatnya 🀣 *eakh* dan respect to each other, saling sayang plus percaya merupakan basic dari sebuah hubungan yang perlu kita jaga selama-lamanya hingga akhir hayat 😍

      Amiiin, you too mba, semoga selalu sehat dan bahagia πŸ˜†πŸ’•

      Delete
  7. Tau gak waktu itu kan aku pernah nonton drama Korea di tv terus Mas Gepeng ikutan nonton. Dia kesel banget lihat adegan yang dilebay-lebayin misal pas si cowok nyelametin si cewek dari mobil yang ngebut terus mereka pelukan terus pandang-pandangan, hahaha. Mas Gepeng bilang, "Halah kayak gitu aja kok seneng, seneng tuh kayak aku gini, yang mau bersihin pup kucing sama pagi-pagi udah njemur cucian," HAHAHAHA. Tapi I agree with you, Eno. Cinta perlu dipupuk terus tiap hari. Harus 'disiram' supaya terus segar dan gak layu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha, si kesayangan pun sering kesal lihat adegan itu mba Justin, apalagi adegan pandang-pandangan lama sambil berdiri tegak 🀣 Kata dia, di dunia nyata, nggak ada yang berdiri setegak itu kalau sedang bicara sama pasangan. Minimal kaki satu maju ke depan, atau cari tempat duduk~lah πŸ€ͺ Komen saja dia. Wk.

      And yes, setuju sama mas Gepeng, cari pasangan justru yang mau bantu urusan rumah, baru ituuuuu manis yang sebenarnya. Apalagi rajin cuci piring, cuci baju, siram tanaman, endeblabla πŸ˜‚ *kemudian dilempar sendal*

      Hehehe terima kasih mba Justin sudah bacaaa 😍

      Delete
  8. Kalo kata istri eike *ehem uhuk*, better punya suami yang tiap pagi mau nyuci piring dan bebersih dapur drpd suaminya yang hobby ngasih bunga.
    Valuenya sama, kira-kira begitu.

    *naikin kerah terus ngilang πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. SETUJUUUUUU, yang hobi cuci piring perlu disayang 🀣 Secara saya nggak suka cuci piring, hahahaha, makanya beruntung banget banget banget punya pasangan yang mau cuci piring setiap pagi demi kebahagiaan bersama πŸ™ˆ Wk.

      Ah kalau bunga meski saya suka, tapi jangan sering-sering, setahun satu dua kali cukup~lah, lumayan uangnya bisa dikumpul buat beli Lego hahahaha πŸ€ͺ Terima kasih mas Didut sudah baca tulisan saya dan berbagi sudut pandang πŸ˜‚✌

      Delete
  9. Aku setuju banget sama Lia. Mungkin orang Indonesia (khususnya kaum hawa XD) kebanyakan nonton drakor, that's why mereka berekspektasi orang Korea pada umumnya ya persis seperti yang digambarkan di drama πŸ˜†

    I can't agree anymore ketika Mba Eno bilang "that's basic manner". TRUEEE. Mau perempuan atau laki-laki, namanya sopan santun itu mah harus yaa 😝 aku bahkan sering lihat di mall para pria yang usianya udah paruh baya, masih setia menggandeng pasangannya ketika berjalan atau menarik kursi untuk pasangannya di dalam restoran. Setiap kali lihat scene seperti ini, suamiku selalu bilang, "itu baru namanya gentleman" hahahaha

    Dan lagi-lagi setuju soal memberikan yang terbaik untuk pasangan kita. Dulu aku tipe yang gitu, Mbaa, udah terima gue aja apa adanya wkwkwk tapi kalau memang ingin memberi yang terbaik, masa kita nggak bisa memberikan effort lebih untuk jadi sosok yang lebih baik buat doi hihi

    Maacih banyak Mba Enooo udah sharing a piece of your mind πŸ’• semoga kita semua bisa sama-sama belajar untuk menjadi orang yang lebih baik lagi untuk sekitar yaa 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal drakor nggak semua manis ya mba, ada ugha yang psikopat, aneh-aneh, bahkan macam Penthouse tuuuh yang terbaru sekarang. Parah 🀣

      Kadang kita lupa, ada basic manner dalam hidup kita, jadi saat seseorang berlaku yang menurut kita spesial, kita langsung, 'Waaaah.' padahal itu basic manner yang seharusnya dia lakukan tanpa diminta. Begitu istilahnya ~ though ketika mereka finally lakukan, tetap perlu kita apresiasi agar mereka senang huehehehe πŸ˜†

      Eniho, saya pun nggak tahan saat lihat pasangan tua yang sweet sampai sekarang, sering lihat ada kakek nenek gandengan tangan berdua. Duh rontok hati saya 😍 Sambil berdoa semoga bisa menua seperti pasangan tua tersebut bersama si kesayangan πŸ™ˆ hehehe. Semoga kita akur selalu dengan pasangan ya, mba πŸ’•

      Well, sebetulnya saya pun dulu tipe yang agak keras dan beranggapan kalau cinta itu berarti harus bisa menerima apa adanya, mba 🀣 Tapi berjalan dengan waktu dan belajar dari pengalaman yang lebih tua, saya pun paham bahwa cinta dan hubungan perlu dijaga plus dirawat agar nggak 'rusak'. So, saya dan si kesayangan masih mau terus belajar agar bisa rukun selamanya πŸ˜†

      Amiiin amiiin mba, semangat untuk kitaaaa πŸ₯³πŸŽ‰

      Delete
  10. Apresiasi dari pasangan itu yang paling bikin berbunga-bunga ya :). Ucapan terima kasih yang membuat segalanya jadi terasa manis. Saat berduaan jadi terasa romantis, ketika di luar hujan gerimis.

    Stop stop maaf komen saya jadi ngaco gini, kayak mau bikin cerpen jadinya.

    Terima kasih atas sharingnya, jadi belajar untuk memberi yang (lebih) terbaik untuk beliau :) Bukan berarti bucin ya, tetapi bahagiakan pasangan kan gak ada salahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cencunya, mba Vina πŸ˜† Apresiasi itu terlihat mudah dan sederhana, namun sayangnya sangat amat jarang diucapkan. Padahal itu bisa jadi salah satu moodbooster untuk pasangan kita 😍 hehehe, eniho terima kasih komen ala cerpennya, mba πŸ™ˆ

      Semoga kita bisa jadi pribadi lebih baik ke depannya, and yes, ini bukan soal bucin, namun soal bagaimana kita memberi yang terbaik untuk the only one pendamping hidup kita πŸ˜† *eaaakh* hehe. Thanks for sharing your POV, mba Vina πŸ’•

      Delete
  11. Masalahnya, kamar mandi saya ada di sebelah kiri ketika lagi baca tulisan ini. Haha.

    Ya, sebetulnya sudah dijelaskan kalau semua balik lagi ke orangnya. Di negara mana pun, pasti ada orang-orang yang perlakuannya manis. Yang buruk pun juga ada. Aduh, saya jadi ingat sama kasus manajer Lisa Blackpink yang jahatnya bukan main itu. :(

    Jika KorSel dipandang baik, sementara KorUt justru dapat stigma negatifnya. Padahal mah yang kita tahu sebatas dari media. Kalau ke sana langsung dan bertemu manusianya, pasti berubah pandangan, kan.

    Saya sebetulnya bingung dari mana mereka bisa menyimpulkan demikian dan sampai kirim surat ke Mbak Eno begitu. Tapi setelah sadar bahwa di zaman digital ini ada orang yang menonton sinetron Indosiar, lalu berpikiran ibu-ibu yang berperan antagonis itu aslinya juga jahat, sampai-sampai orang ini komentar yang tak kalah jahat di akun Instagram mereka, saya pun ngakak. Hahaha.

    Ada-ada aja deh para korban drama/film yang tak bisa membedakan mana asli mana fiksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yasudah ditahan saja mas, jangan muntah πŸ˜‚ Wk. Tega ~

      Nah, itu salah satu contoh nyata mas, managernya yang pria Korea pun kelakuannya minus ugha. Jadi nggak bisa dipukul rata. Hihihi, perlu selektif dalam mencari pasangan, jangan sampai kita ended up menyesal dihari kemudian πŸ™ˆ

      And yes, memang sebaiknya datang langsung, lihat langsung, experience langsung bagaimana realita di sana. Hehehe, kadang apa yang kita lihat di media nggak selamanya sesuai dengan keadaan. Apalagi ini perkara ingin mencari pasangan, yang mana diharapkan jadi pendamping hidup hingga akhir hayat πŸ˜†

      Jadi ingat beberapa aktor yang memerankan tokoh jahat sering dapat comments nggak enak dari penonton hihihi, sepertinya penonton terlalu kebawa suasana. Saya pribadi nggak masalah kalau ada yang tanya, dan dengan senang hati menjawab apabila bisa dijawab. Inginnya teman-teman yang baca bisa lebih 'kenal' seluk beluk Korea, di luar apa yang dilihat di layar kaca 😁 Thank you mas Yoga, sudah luangkan waktu baca 😍

      Delete

  12. terima kasih untuk post - nya mbak eno, terima kasih sudah membuat saya bahagia seutuhnya atas artikel tersebut. meskipun kenyataannnya , menjalankan hubungan pernikahan itu tak seindah dunia ya mbak eno, meskipun kenyataan yang ada saya belum menikah. tapi, saya percaya semua ada porsinya ada waktunya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Tari, yang namanya hubungan apapun itu nggak ada yang mudah, tapi bisa diperjuangkan oleh ke dua belah pihak 😁 hehe.

      Semoga mba Tari mendapatkan timing yang tepat πŸ˜‰

      Delete
  13. Aku tuh suka ikut happy kalau baca tulisan mbak Eno
    dan aku mau berterimakasih buat hal ini

    sampai ga bisa komen apa-apa, semuanya terwakili oleh komen-komen sebelumnya, wkwkkwk

    Bahagia selalu ya mbak dengan si kesayangan :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Pipit, thank you so much sudah ikutan happy dan luangkan waktu untuk baca tulisan saya πŸ™ˆ hihihi, you too mba, bahagia selalu selamanya πŸ˜πŸ’•

      Delete
  14. Gatau mau komen apaan....cuma bisa baca sambil senyum-senyum 🀣🀣

    Jangankan digandeng, pasangan helm-pun juga pernah. Kurang sweet apaan kalau gini...wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha, sweet bangettt, semut pun lewat, mas πŸ˜‚

      Delete
  15. Kalau bapak-bapak disini biasanya kalau malem ke pos ronda sambil pake kaos dalem sarungan, terus disamperin istri suruh pulang. Orang Korea ada kebiasaan gitu juga nggak Mbak Eno 😁

    Tapi saya setuju sih sama Mbak Eno, kalo kitanya baik sama orang,, perhatian sama orang, pasti orangnya juga bakal ngelakuin hal yang sama juga.

    Tapi kadang saya mau sok-sokan sweet sama istri suka sadar diri, nggak pas banget sama wajah πŸ˜‚

    Baru mau sok-sokan pakein helm ke istri, istri udah ketawa duluan πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada mas, padahal seru, ya πŸ˜‚ Tapi saya nggak yakin ada bapak-bapak Korea mau jaga pos ronda. Apa karena nggak ada sarung di sana? πŸ™ˆ Wk.

      Iya mas Edot, semuanya tergantung kita, semisal kita baik, orang akan baik juga, jadi nggak bisa berharap satu pihak namun kitanya nggak berusaha 🀣 Eniho, sweet itu ada banyak caranya, yang saya tulis di atas hanya contoh kecil saja, hihihi, semisal nggak bisa pakaikan helm, mungkin bisa dengan bantu cuci piring, mas 😜

      Delete
  16. kok saya terharu baca tulisan ini asli, sampeyan ini panutan sekali. apalagi pas bagian baru masuk rumah trus dipeluk, kok saya yg jd deg-degan hahaha saya ga bisa seromantis itu sama pasangan

    saya pas rajin paling bantu bersihin cucian piring, nyuci & jemaur pakaian, nemenin nyabut rumput bentar di halaman, nganter & jemputn dia kemanapun dia mau.

    kalo soal verbal saya error blas, sampe skarang masih deg-degan haha palingan kalo pas iseng dan random, kadang saya suka bilang tiba-tiba, tak peduli sikon: "eh neng.." pas dia tanya: "apa, bang?' .. saya sambil senyum2 bilang :"laf yu.." dan pasti itu sukses bikin tersapu-sapu haha malah cerita jee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha, saya bukan panutan mas, saya hanya berbagi pengalaman saja, namun saya tau di luar sana ada banyak cara untuk ekspresikan perasaan kita pada pasangan πŸ™ˆ Dan beberapa cara lainnya seperti yang mas RD lakukan 😍

      Buat saya, mas RD nggak kalah sweet, lhoooo ~ mau bantu urusan rumah, bersih-bersih, urus rumput dan tanaman, endeblabla πŸ˜† I bet, pasangan mas akan sangat bersyukur dan bahagia punya mas RD sebagai pendamping hidupnya πŸ₯³

      Eniho, saya senyam senyum baca cerita mas RD ahahahahahaha. Kebayang mas RD deg-degan terus tersipu malu macam kepiting rebus 🀣 Bukannya itu bagus, kalau kita masih ada rasa deg-degan ketika sama pasangan? 😍 Wk. Semoga rasa itu selalu ada yaaaa mas, untuk menambah bumbu-bumbu hubungan yang dibina πŸ˜†

      Langgeng selalu mas RD dan pasangan tercinta πŸŽ‰

      Delete
  17. Setuju banget sama tulisan ini dari awal sampai akhir 😍, and no comment dari saya πŸ˜πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini namanya apa kalau bukan komen, mbaaaaa 🀣 Wk.

      Delete
  18. cinta perlu dipupuk, setujuuuuuuuuu hehehehe
    hahaha bener kata mas Ady, baca chit chat mbak Eno sama Lia aku sampe tersepona
    dan aku mau nyela sampe bingung nyela di mananya :D

    efek kebanyakan nonton drakor sampe sampe sebagian orang Indo, seperempat aja deh, mengira kalau semua cowok Korea romantis semua. Di post mba Eno yang dulu yang bahas soal value dan pasangan korea bener bener bisa membuka mata kita-kita juga soal karakter orang korea seperti apa dan gimana cara memperlakukannya

    aku sendiri juga berusaha untuk jadi orang yang sweet buat sekeliling aku, kalau aku bisa sweet sama temen A, berarti aku kudu bisa sweet juga sama B.
    kadang meskipun udah bertindak sweet, orang lain kadang menganggap iitu pencitraan, ada juga yang kayak gini mba. Manusia banyak jenis sifatnya juga sih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipupuk selalu agar tumbuh sehat, mba πŸ˜‚

      Nggak bisa disalahkan ugha sebenarnya, memang pengaruh drama atau serial mampu membuat kita cinta butaaa. Wk. Kalau lihat aktor Hollywood, rasanya mereka hawwwwt semua, terus lihat aktor Korea, rasanya mereka manis semua. Habis itu lihat aktor India, rasanya mereka bisa dance dan menyanyi semua. Begitulah layar kaca πŸ˜†

      I know rite, dan saya pun merasakan kemanisan hati mba Ainun selama ini, and yes, ini bukan soal pencitraan, karena menjadi baik dan sweet itu nggak salah 😍 Bukannya dunia akan lebih damai kalau isinya orang sweet semua? 🀣

      Delete
  19. Meski agak jauh, saya jadi ingat penjelasan tentang perbedaan toleransi, hak, dan kewajiban saat kesayangan menganggap anggapan itu adalah hal basic.

    Kemarin sempat rame soal kalimat,"perempuan akan jadi ratu pada pria yang tepat". Ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nggak sabar lihat ratunya mas Rahuuuul 😍 hahahaha.

      Iya mas, menurut si kesayangan, hal-hal yang saya sebutkan itu basic manner, yang sudah sewajarnya setiap dari kita punya. Cuma sering dilupakan 🀣

      Delete
  20. Wkwkwkwk pertanyaan "aku gendutan nggak?" equal dengan "ada yang beda nggak di aku hari ini?", yang mana membuat gugup yang ditanyaπŸ˜† padahal yang beda cuma warna lipstik aja, dari nude ke nude tuaan dikitπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Pertanyaan buat ngisengin sesungguhnya karena mereka kayaknya kaum yang kurang detil dengan warnaπŸ™ˆ beberapa ya, nggak semua wkwkwkwk.

    Setuju dengan Kak Eno, sifat laki-laki nggak tergantung dia asalnya dari mana. Dulu sih ngebet ya pingin dapet yang dari sini atau dari situ, cuman seiring dengan berjalannya waktu kayak...yaelah setiap suku atau bangsa kalau dia dasarnya baik ya baik, dan selalu ada aja manusia yang nggak baik mau dari suku atau bangsa mana pun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu guguuuup dia hahahaha, serba salah soalnya, kalau jawab, "Nggak." langsung dituduh bohoooong soalnya πŸ˜‚ Wk. And yes, kalau ditanya, coba tebak apa yang berubah, pasti langsung speechless, betul-betul deh, katanya makhluk visual, tapi masa nggak bisa bedakan perubahan berarti dari pasangannya πŸ€ͺ

      Yes, yang dicari karakternya duluuuu, prinsip dan value-nya dulu, nah nanti soal asal itu anggap saja bonus hehehehehe, yang penting value, prinsip dan hal mendasar lain sudah sejalan dengan apa yang kita ingin dan harapkan 😍

      Delete
  21. Adududu baca tulisan mbak Eno yang ini kadar gula dalam darah saya jadi naik, nih.... <3 <3 <3 Thank you for sharing your couple life with us, that's very sweet and nice. And I agree about staying at home as a wife or a mom is not easy too. Because I've seen what my mother did at home as a housewife, she does a heap of household chores! And then later, I have undergone both phases too, being a staying home wife and then mom. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuuw bahaya mba kalau sampai naik 🀣

      Thank you for reading mba Intan sayanggg ~ setuju bangettt, stay still di rumah itu nggak mudah, berhubung saya mengalami keduanya, baik part stay di rumah dan part bekerja di luar, jadi tau kalau dua-duanya nggak gampang πŸ˜† hehe. Semangat selalu mba Intaaan, ohya saya kirim Lego mba, semoga sampai dengan selamaaat πŸ₯³

      Delete
    2. Thanks a lot sister Creameno... You too keep being on fire :) :-* <3 <3 <3
      I'll let you know when your package is arrived. However that's really kind of you sending me Lego to play with my sons (and possibly with my husband). Living with three males at home has made me become playful because -of course- boys are sooooooooooooooo playful!!!! They play games a lot. Oh gosh! Meanwhile me, I love playing games but not as playful and strategic as they are -____- LOL!

      Delete
    3. Okay mba, sepertinya barusan saya check sudah dibawa abang kurirnya. Sebab lokasi terakhir di Tabanan jadi mungkin hari ini akan sampai di rumah mba Intan πŸ˜†

      Ehehehe, semoga Legonya bisa dipakai mengisi waktu luang dan kegiatan seru bersama anak dan pasangan, mbaaa. Kalau susah, harap bersabar, yaaah 🀣

      Delete
  22. Setujuuu mba. Mamaku juga selalu ingetin aku, utk LBH memperhatikan suami, lebih daripada aku memperhatikan temen2ku. Mama kdg suka protes Krn aku kdg cuek ke suami. Sbnrnya bukan Cue sih, tp kami memang terbiasa mandiri utk bbrp hal. Cthnya makan. Aku ga hrs nungguin dia makan, gitu juga dia. Semnetara buat mama, makan bersama 1 meja itu wajib :D.

    Tapi terlepas soal begitu, aku dan suami slalu nyisihin waktu buat berdua. Makanya pas sebelum pandemi, selalu ada waktu buat kami traveling hanya berduaan :D. Utk refresh hubungan. Penting sih itu.

    Ga peduli apapun ras pasangan, sbnrnya bagaimana cara kita men- treat dia, pasti menentukan hubungan itu sendiri. Tapi ga bisa dipungkiri juga, cara pasangan dibesarkan oleh keluarganya, sedikit banyak juga membentuk karakter dia :D.

    Untungnya suamiku tipe yg sangaaaat mau membantu urusan rumah tangga. Kalo kedua asisten mudik, kita udh pasti bagi tugas. Krn dia tahu aku benci segala sesuatu yg hrs pakai detergent, jd tugas cuci piring dan baju, bagian dia :D.

    Sementara nyapu dan setrika itu aku. :D. Urusan anak2 malah jgn ditanya. Dia lebih kebapakan drpd aku. Makanya anak2 LBH nempel juga ke papinya, drpd mami yg mirip singa hahhahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau bisa, kita jangan cuek sama pasangan ya mba, semandiri apapun mereka, tetap perlu disayang-sayang 🀣 Takutnya terlalu nyaman dan menganggap mereka akan selalu maklum justru jadi menyakiti mereka nantinya πŸ™ˆ

      And yes, saya setuju banget perihal bagaimana cara pasangan dibesarkan itu bisa mempengaruhi karakternya, that's why, perlu dilihat ugha bagaimana relationship dengan keluarga, dan bagaimana pasangan memperlakukan kita πŸ˜†

      By the wayyyy, kita sama soal detergent, apa tangan mba Fanny sensitif bisa sampai gatal? Saya nggak pernah cuci piring karena saya nggak pegang detergent, while cuci baju masih bisa soalnya tinggal masukkan ke laundry machine πŸ˜‚ Wk. Asli, saya pun bagian yang related to vacuum dan baju-baju, mbaaaa. TOSS! 😍

      Aduaduuu, punya mama singa sangat menyeramkan 🀣

      Delete
  23. Saya senyum-senyum bacanya.
    Udah lama gak baca yang manis-manis gini hahaa....
    Senang bacanya, bikin hari cerah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola mba Zizy, how are you? πŸ˜†

      Terima kasih sudah mampir dan baca tulisan saya, jadi malu hahahaha. Semoga hari-hari mba Zizy ke depan akan selalu manis dan cerah ceria, yaaa πŸ₯³πŸŽ‰

      Delete